0 Comment
Revolusi Arsenal Butuh Waktu, Emery Minta Fans BersabarArsenal masih tertatih-tatih bareng Unai Emery (Catherine Ivill/Getty Images)

London - Revolusi Arsenal di bawah Unai Emery sejauh ini belum memuaskan. Tapi, perubahan besar butuh waktu tak sedikit dan Emery minta fans bersabar.

Setelah tak lagi dilatih Arsene Wenger yang selama 21 tahun berada di dingklik manajer, Arsenal menuju masa gres demam isu ini. Emery yang sukses bersama Sevilla dan Paris St-Germain ditunjuk sebagai penerusnya.

Sempat menelan kekalahan beruntun dari Manchester City dan Chelsea di dua pekan awal Premier League, Arsenal lantas bangun dengan mencatatkan 22 laga tak terkalahkan di seluruh kompetisi termasuk 12 kemenangan beruntun.




Gaya bermain Emery mulai disanjung-sanjung dan Arsenal disebut-sebut kembali menerapkan sepakbola manis menyerupai di awal masa Wenger. Semua tampaknya akan berjalan baik-baik saja alasannya ialah Arsenal sudah ada di empat besar.

"Ketika klub mengganti manajer, itu alasannya ialah mereka butuh sesuatu yang baru. Tantangannya ialah mencari sesuatu yang bagus - hal itu Anda harus pertahankan - meski Anda juga harus mengubah serta memperbaikinya. Tentu saja di klub ini, ada banyak hal yang harus diubah dan diperbaiki," ujar Emery dalam wawancara dengan Sky Sports.

Tapi, masa bulan madu Emery di Arsenal tampaknya cepat simpulan alasannya ialah memasuki jadwal padat di bulan Desember, performa Arsenal menurun. Saat ini Arsenal terlempar ke posisi kelima dengan 41 poin, selisih enam angka dari Chelsea di posisi keempat.

Sedari pertengahan bulan kemudian yang dimulai dua kekalahan beruntun dari Southampton dan Tottenham Hotspur, Arsenal cuma tiga kali menang di seluruh kompetisi (dua di Premier League dan satu di Piala FA). Sisanya, Arsenal empat kali kalah dan satu kali seri.




Kapasitas Emery pun mulai dipertanyakan dan kondisi makin memburuk ketika Kepala Pemandu Bakat Arsenal yang belum usang gabung, Sven Mislintat, cabut alasannya ialah tak sejalan dengan visi pemilik klub Stan Kroenke. Belum lagi, Arsenal tampaknya takkan membeli pemain gres yang dapat mempersulit kerja Emery untuk mendongrak performa tin.

Meski berat, Emery yakin bahwa laju jelek Arsenal dikala ini hanyalah proses dari revolusi yang tengah dijalani klub. Yang terpenting fans harus sabar menanti buah kerja kerasnya.

"Adaptasi dari klub dan tim sejauh ini berjalan positif. Terkait sasaran utama kami yakni lolos ke Liga Champions dan finis empat besar memang belum kesampaian sejauh ini. Persaingannya sangat ketat," papar Emery.

"Tapi pertama-tama, aku yakin kami punya waktu untuk meraih itu. Kedua, kami tahu bahwa proses ini akan sulit. Yang terpenting ialah sadar bahwa kesulitan itu niscaya tiba dan di dikala itu, kami dapat menciptakan kemajuan. Itulah pandangan gres kami. Misinya ialah membawa klub ini kembali ke daerah semestinya, tapi semua butuh waktu."




Post a Comment

 
Top