0 Comment
Foto: Hasan AlhabshyFoto: Hasan Alhabshy

Jakarta - PT PLN (Persero) berniat menunjukkan diskon tarif untuk pengisian daya kendaraan beroda empat listrik. Hal itu sejalan dengan planning pemerintah dalam berbagi kendaraan beroda empat listrik.

Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofy Felienty Roekman mengatakan, dari pengalaman sejumlah negara, sebanyak 85% pengisian daya kendaraan beroda empat listrik dilakukan di rumah. Sisanya, pengisian daya dilakukan di luar rumah.

Sementara, pengisian biasanya dilakukan pada pukul 22.00 sampai pukul 04.00. Sebab itu, PLN berencana menunjukkan diskon pada jam-jam pengisian daya tersebut.

"Dari pengalaman negara yang punya kendaraan beroda empat listrik, 85% ngecharge di rumah. Makara 10% ngecharge ya di mal atau kantor. Makara jam 22.00-04.00 pagi di mana beban PLN rendah, di situ buat ngecharge. PLN akan kasih diskon dari harga terapan. Makara niscaya ada insentif. Insentif kendaraan beroda empat dari pemerintah dan kita kasih insentif listrik," paparnya dalam diskusi media, Rabu malam (16/1/2019).


Dia juga mengatakan, PLN berencana menunjukkan promo tambah daya untuk pemilik kendaraan beroda empat listrik.

"Setiap rumah yang ada kendaraan beroda empat listrik kita kasih free tambah daya. Misalnya 3.500 jadi 5.500 VA atau kita lepas 7.000 sekian. Tapi jam 22.00 malam-04.00 pagi kita kasih diskon," ungkapnya.

Untuk diketahui, pemerintah tengah menyiapkan payung aturan berbentuk Peraturan Presiden (Perpres) untuk pengembangan kendaraan beroda empat listrik. Dalam pengembangan kendaraan beroda empat listrik ini pemerintah akan menunjukkan insentif fiskal.

"Terkait akomodasi fiskal, kami sudah berkoordinasi dengan Menteri Keuangan. Setelah disepakati dan sesuai isyarat ratas, selanjutnya dikoordinasikan dengan Menko Perekonomian dan Kemaritiman untuk persiapan Perpresnya. Kemudian, Menteri Keuangan akan berkonsultasi dengan Komisi XI DPR," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto usai Ratas Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik di Kantor Presiden Senin lalu.



Simak Juga 'Kementerian ESDM Dorong Implementasi Kendaraan Listrik di RI':

[Gambas:Video 20detik]


PLN bakal Beri Diskon Isi Daya Mobil Listrik

Post a Comment

 
Top