0 Comment
Ilustrasi konsumsi ikan secara rutin sanggup mencegah kanker usus. Foto: iStock Ilustrasi konsumsi ikan secara rutin sanggup mencegah kanker usus. Foto: iStock

Jakarta - Anjuran soal makan ikan bukan sekedar usul biasa. Makan ikan tiga porsi ikan setiap ahad secara rutin nyatanya sanggup mencegah seseorang terkena penyakit kanker usus.

Dikutip dari Metro, para andal dari University of Oxford and the International Agency for Research on Cancer (IARC) mengamati mengamati teladan makan 476.160 orang melalui kuesioner. Survei meliputi ihwal jenis ikan yang dikonsumsi.

Hasilnya, orang yang makan ikan secara teratur mempunyai risiko 12 persen lebih kecil mengalami kanker usus daripada orang yang makan kurang dari satu porsi setiap minggu. Melalui perhitungan, para peneliti merekomendasikan rata-rata 359,1 gram ikan per minggu.



Semua jenis ikan baik, tetapi ikan dengan asam lemak omega-3, menyerupai salmon, khususnya yang terkait dengan risiko kanker usus yang lebih rendah. Orang yang mengonsumsi 123,9 gram ikan beromega-3 tinggi, mempunyai risiko 10 persen lebih rendah terkena kanker usus.

Hal ini diperkirakan asam lemak pada ikan diyakini mempunyai dampak derma dalam tubuh dan menceah terjadinya peradangan.

"Membuat perubahan sederhana pada gaya hidup Anda sanggup membantu peluang melawan kanker usus. Termasuk gandum, serat, dan ikan dalam diet Anda, dengan berat tubuh yang sehat, melaksanakan kegiatan fisik secara teratur, menghindari daging olahan dan membatasi daging merah, semuanya sanggup menciptakan perbedaan nyata," kata Lisa Wilde, administrator penelitian dan urusan eksternal di Bowel Cancer UK.



Simak Video "Apa Benar Konsumsi Ikan Berlebihan Bisa Memicu Kanker?"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top