0 Comment
Foto: KBRI London/ IstimewaFoto: KBRI London/ Istimewa

Jakarta - Bagi warga negara Inggris yang ingin berguru Sunda, tak perlu jauh-jauh tiba ke Indonesia. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, gres saja meresmikan sudut seni budaya Sunda di Pusat Kebudayaan Bracknell, Inggris.

Di South Hill Park Arts Centre (SHPAC), Bracknell, laki-laki yang bersahabat disapa Kang Emil menyerahkan perangkat musik degung, angklung, tarawangsa, dan beberapa pasang pakaian watak Sunda kepada Dirut SHPAC, Craig Titley.

Craig Titley, memberikan rasa bahagianya alasannya ialah menjadi rumah bagi pengembangan seni budaya Sunda di Inggris. Dia pun merasa terhormat atas kepercayaan yang diberikan masyarakat Indonesia

"Inisiatif yang dibentuk oleh Kedutaan Republik Indonesia di London sangat kami apresiasi dan ini akan menjadi titik tonggak perkembangan budaya Sunda lebih cepat di masa yang akan datang. Ditambah lagi, kehadiran seniman Sunda atas dukungan pemerintah Jawa Barat dan pihak KBRI yang siap membantu proses pengembangannya", tutur Craig dalam keterangan pers yang diterima detikHOT dari KBRI London, Selasa (23/7/2019).


Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, gres saja meresmikan sudut seni budaya Sunda di Pusat Kebudayaan Bracknell, Inggris.Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, gres saja meresmikan sudut seni budaya Sunda di Pusat Kebudayaan Bracknell, Inggris. Foto: KBRI London/ Istimewa


Dalam sambutannya, Kang Emil menuturkan keberadaan perangkat seni budaya Sunda dapat menjadi salah satu media untuk menjalin saling pengertian dan pemahaman di antara Sunda dan Inggris. Hubungan erat antar dua negara sudah terjalin semenjak lama.

"Penyerahan perangkat seni budaya kali ini hanyalah merupakan awal langkah kami untuk terus mendukung pengembangan seni-budaya Sunda di Inggris," ucap Kang Emil.

Peresmian Sudut Seni Budaya Sunda dimeriahkan oleh pagelaran degung Sekar Enggal pimpinan Simon Cook, tembang Sunda oleh Hendrawati Ashworth, wayang golek oleh Arif Ashworth, dan tari topeng. Serta jaipongan Citra Resmi oleh gamelan Kyai Fatahillah pimpinan Iwan Gunawan yang sedang mengikuti jadwal Residensi Seniman dan Karavan Budaya oleh kantor Atdikbud KBRI London.




Simak Video "Kang Emil akan Integrasikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan LRT"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top