0 Comment
Bakteri Veillonella banyak ditemukan pada jalan masuk cerna atlet lari. (Foto: Thinkstock) Bakteri Veillonella banyak ditemukan pada jalan masuk cerna atlet lari. (Foto: Thinkstock)

Jakarta - Rahasia kebugaran badan insan mungkin tersimpan di dalam perut. Studi terbaru oleh peneliti dari Joslin Diabetes Center menemukan jikalau bakteri baik Veillonella yang ditemukan di dalam jalan masuk cerna sanggup meningkatkan ketahanan badan ketika berolahraga.

Menurut peneliti semakin seseorang tahan berolahraga maka ia sanggup semakin jauh meningkatkan acara fisik. Dampaknya risiko menyerupai penyakit kardiovaskular atau diabetes sanggup berkurang dan kesehatan meningkat secara keseluruhan.


Menariknya kuman Veillonella ini disebut peneliti dalam jurnal Nature Medicine 2019 sanggup ditemukan pada atlet maraton, namun sulit atau hampir tidak ada pada orang dengan gaya hidup sedentari (malas-malasan).

"Salah satu hal yang segera menarik perhatian kami yakni organisme tunggal ini, Veillonella, yang terang berlimpah ada di pelari sehabis maraton," kata salah satu peneliti Aleksandar D. Kostic menyerupai dikutip dari Science Daily.

Dalam analisa kuman Veillonella hidup dengan mengonsumsi asam laktat dan menghasilkan asam propionat. Asam laktat sendiri yakni zat sisa metabolisme sel otot sementara asam propionat sanggup dimanfaatkan untuk ketahanan tubuh.

"Sangat jelas. Ini jadi rangkaian umpan balik positif. Si tuan rumah menghasilkan sesuatu yang disukai mikroba. Lalu sebagai imbalannya, mikroba membuat sesuatu yang menguntungkan tuan rumah," kata Aleksandar.

Studi di masa depan melihat peluang Veillonella sanggup dimanfaatkan sebagai suplemen.



Simak Video "Kapan Waktu Yang Tepat Lakukan Olahraga Saat Puasa?"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top