0 Comment
Ilustrasi kentut. Foto: Getty Images Ilustrasi kentut. Foto: Getty Images

Jakarta - Soal sarapan, tak semua makanan ternyata baik untuk terusan pencernaanmu. Terutama jikalau pagi ini ada rapat, maka kau perlu menghindari makanan berikut supaya tak membuatmu terus-terusan kentut.

Kentut itu normal dan sehat, dan beberapa makanan tertentu bisa memproduksi gas yang membuatmu kentut terus-menerus. Hal ini disebabkan semua orang mempunyai kuman yang berbeda di dalam ususnya, yang nantinya akan bertanggung jawab soal gas tersebut.

"Kentut yaitu kombinasi dari dua hal: udara yang kau telan (bisa dari makan terlalu cepat) dan makanan yang kau makan," kata David Poppers, MD, PhD, jago pencernaan di NYU Langone Health, dikutip dari Men's Health.

Catat, formasi makanan berikut bisa bikin kau 'ngegas' terus-menerus:


1. Sayuran cruciferous
Sayuran cruciferous merupakan sayuran yang termasuk dalam keluarga kol, menyerupai brokoli, kembang kol, dan juga kol. Sayur-mayur ini tinggi serat dan tidak menyerupai komponen makanan lainnya, serat bisa mencapai usus besar dalam kondisi utuh. Mayoritas kuman terusan pencernaan hidup di usus besar, dan mereka mempunyai kemampuan untuk mengubah serat jadi energi, namun produk sampingan dari proses metabolismenya yaitu gas.

2. Oat dan roti biji utuh
Yap, mungkin sebagian besar dari kau menyantap oatmeal untuk sarapan sehat pagi ini. Namun sama menyerupai sayuran cruciferous, oat dan juga roti biji utuh (misalnya gandum) tinggi akan kandungan serat. Tak perlu dihindari lantaran serat sangat baik bagi jantung, pencernaan dan kontrol berat badan. Cara mengatasinya yaitu meningkatkan konsumsinya secara perlahan setiap hari sampai perut terasa nyaman. Dan meminum air yang cukup juga bisa meredakan gas tersebut, oleh lantaran itu untuk tiap 5 gram serat yang kau asup, tingkatkan asupan cairan sebanyak 236 ml.

2. Produk susu
Semua produk susu hewani menyerupai susu, keju, dan yogurt mengandung satu jenis gula yang disebut laktosa. Akan tetapi ada beberapa orang yang mempunyai duduk perkara dalam mencerna enzimnya dan menimbulkan kembung, kentut dan bahkan konstipasi. Dalam kondisi tersebut, belum tentu seseorang benar-benar intoleransi atau alergi laktosa, lantaran memang ada beberapa orang yang sensitif akan enzim tersebut. Jika kau mengalami nyeri perut yang parah usai mengonsumsi produk susu, periksakan ke dokter, terutama dokter jago pencernaan untuk menghindari kemungkinan duduk perkara kesehatan yang serius.

3. Apel dan pisang
Buah-buahan menyerupai apel dan pisang mengandung gula alami fruktosa. Fruktosa bisa mengakibatkan seseorang mengalami kentut dan kembung lantaran sistem pencernaan mereka tidak mencerna seluruh gula dalam buah secara benar. Sehingga karbohidrat ini mencapai usus besar dan menjadi makanan bagi kuman yang alhasil menimbulkan gas.


4. Kacang-kacangan
Kandungan serat pada kacang yang tinggi ditambah gula menyerupai raffinose dan stachyose yang tak bisa dicerna tubuh dengan benar bisa membuatmu terus-terusan kentut, berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan dalam Nutritional Journal. Bakteri di dalam usus sanggup mencerna gula tersebut, namun hasilnya yaitu banyak sekali macam gas menyerupai hidrogen, metana dan bahkan welirang yang berbau menyerupai telur busuk.

5. Minuman bersoda
Minuman bersoda bisa membuatmu terus-terusan kentut lantaran minuman ini menciptakan kita menelan udara ekstra yang terjebak di dalam terusan pencernaan. Udara ini pada alhasil harus dikeluarkan dan satu-satunya cara yaitu dalam bentuk gas alias kentut.

6. Protein
Protein sangat penting untuk menjaga dan membangun otot, namun mengonsumsinya terlalu banyak bisa mengakibatkan gas berlebihan dalam tubuh. Hal ini disebabkan lantaran protein terpecah menjadi asam amino dan diserap ke dalam pedoman darah pada jumlah yang normal sekitar satu gram per kilogram berat tubuh. Protein yang berlebih akan pribadi menuju usus di mana para kuman akan memakannya.

7. Pemanis buatan
Produk-produk bebas gula mungkin mempunyai karbohidrat dan kalori yang lebih sedikit, namun mereka yaitu pelaku utama jikalau kau sering kentut. Pemanis buatan menyerupai sorbitol, erythritol, dan xylitol tidak benar-benar dicerna oleh usus. Hal ini mengakibatkan tubuh menyerap kalori yang lebih sedikit, namun sisanya akan terfermentasikan usus dan menjadi gas.



Simak Video "Penasaran Kenapa Bunyi Kentut Tiap Orang Beda?"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top