0 Comment
Seorang perempuan jadi buta gara-gara mandi mengenakan softlens (Foto: Thinkstock) Seorang perempuan jadi buta gara-gara mandi mengenakan softlens (Foto: Thinkstock)

Jakarta - Kebiasaan perempuan ini yang selalu mengenakan softlens dikala mandi dan berenang balasannya mempunyai konsekuensi serius. Ia mengalami kondisi mata langka yang menyebabkan mata kirinya buta.

Wanita yang berusia 41 asal Inggris ini mengunjungi dokter sehabis penglihatannya kabur, mata sakit dan mencicipi sensitivitas terhadap cahaya di mata kirinya selama dua bulan.

Kasus yang dilaporkan dalam The New England Journal of Medicine ini mengatakan sehabis dilakukan serangkaian tes, penglihatan mata kirinya hanya berkisar 20/200 yang dianggap sebagai 'kebutaan' di Inggris.

Dokter bahkan sanggup melihat kabut di kornea mata perempuan ini. Mereka kemudian melaksanakan tes mata lain yang memakai cara khusus untuk mendeteksi kerusakan pada kornea. Selama tes ini, setiap kerusakan pada kornea akan tampak hijau dan sayangnya dokter menemukan semua korneanya berwarna hijau terang.



"Sampel dari matanya konkret Acanthamoeba keratitis, nanah benalu kornea yang langka. Infeksi ini diketahui merusak penglihatan seseorang dan terkait dengan penggunaan lensa kontak," kata Dr. Lanxing Fu, seorang andal mata dari Manchester Royal Eye Hospital, melansir Live Science.

Acanthamoeba ialah amuba yang biasa ditemukan di air, tanah dan udara. Pemakai lensa kontak menghadapi risiko tertular nanah ini bila mereka melaksanakan praktik tertentu, ibarat membersihkan lensa dengan air keran atau berenang atau mandi sambil mengenakan lensa kontak.

Meski telah dirawat dan diberikan obat mata untuk membersihkan infeksinya, perempuan ini tetap kehilangan penglihatan di mata kirinya alasannya ialah bekas luka di kornea. Setelah satu tahun, perempuan tersebut menjalani transplantasi kornea parsial untuk menggantikan jaringan yang sudah rusak dengan jaringan sehat dari donor.



Simak Video "Imunoterapi, Terobosan Pengobatan Baru untuk Penderita Kanker"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top