0 Comment
Pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, pensiun alasannya ialah kanker hidung (Foto: Lai Seng Sin/Reuters) Pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, pensiun alasannya ialah kanker hidung (Foto: Lai Seng Sin/Reuters)

Jakarta - Penyakit kanker sering dikaitkan dengan gaya hidup dan teladan makan tidak sehat. Kenyataannya, kanker juga menyerang beberapa orang yang sehari-hari tampak sehat dan atletis.

Salah satunya dialami pebulutangkis Lee Chong Wei. Sebagai atlet profesional, gaya hidup sehatnya tentu tidak perlu diragukan lagi. Kenyataannya, ia harus pensiun alasannya ialah kanker hidung. Kenapa orang sesehat itu dapat kena kanker?

"Sehat kan berdasarkan mata kita," kata Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, K-HOM, mengomentari anggapan 'sehat kok kena kanker'.

Menurut dr Aru, kanker dipengaruhi oleh banyak faktor. Sebagian di antaranya ialah faktor bawaan yang susah dikendalikan.

"Kalau bicara soal DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) dan gen, artinya memang sudah ada kelainan atau kelemahan, sehingga ada gangguan sedikit dari luar, sudah jadi (kanker)," terang dr Aru.



Faktor ini, berdasarkan dr Aru menjelaskan kenapa belum dewasa juga dapat kena kanker. Padahal belum dewasa tentu tidak merokok, tidak banyak terpapar bahan-bahan pemicu kanker.

Namun demikian, dr Aru menyebut masih ada banyak faktor lain yang dapat dikontrol. Termasuk di antaranya ialah gaya hidup dan teladan makan, yang selau diperbaiki untuk mengurangi risiko kena kanker.

"Faktor pemukulnya pada kesannya ialah gaya hidup dan lingkungan itu tadi," tegas dr Aru.



Simak Video "Apa Benar Konsumsi Ikan Berlebihan Bisa Memicu Kanker?"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top