0 Comment
Sarapan buah kiwi pagi ini sanggup punya sederet manfaat untuk kesehatanmu. Foto: iStock Sarapan buah kiwi pagi ini sanggup punya sederet manfaat untuk kesehatanmu. Foto: iStock

Jakarta - Mengonsumsi buah di pagi hari sangat sempurna untuk membantu tubuhmu siap dan sehat seharian. Buah kiwi yaitu salah satu buah yang sempurna untuk dikonsumsi, bahkan ketika perutmu kosong.

Si buah bagus atau sedikit asam ini sanggup menyingkirkan racun dari badan dan kaya serat sanggup membantu menambah energi. Mengonsumsi satu sampai tiga buah kiwi sehari cukup untuk mendapat embel-embel nutrisi, ibarat vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan potasium.

Berikut yaitu manfaat kesehatan yang sanggup kau dapatkan dengan menentukan kiwi sebagai sobat sarapan pagi ini, ibarat dirangkum dari Health Line:



1. Bantu menangani asma
Jumlah kadar vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam kiwi rupanya sanggup membantu menangani asma pada pengidapnya. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi tahun 2000 di mana ada manfaat pada fungsi paru bagi mereka yang mengonsumsi buah segar secara rutin, termasuk kiwi. Buah segar ibarat kiwi juga sanggup mengurangi napas ngik-ngik pada bawah umur yang rentan.

2. Memperlancar pencernaan
Kiwi sangat sempurna bagimu yang sulit 'nongkrong' di pagi hari. Buah ini mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan, selain itu juga ada enzim proteolytic yang bernam actinidin yang sanggup memecah protein. Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa ekstrak kiwi yang mengandung actiniding sanggup meningkatkan pencernaan banyak protein dengan sangat baik.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kaya akan nutrisi dan vitamin C salah satunya sanggup membantu badan memenuhi asupan harian vitamin yang disarankan. Vitamin C merupakan nutrisi penting yang sanggup meningkatkan sistem kekebalan badan semoga kau terhindar dari sakit. Satu studi mengungkapkan kiwi sanggup mendorong fungsi imun dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit flu atau demam. Hal ini sangat benar pada kelompok risiko tinggi ibarat lansia di atas usia 65 tahun dan anak-anak.

4. Bikin badan tetap sehat
Stres oksidatif sanggup merusak DNA kita dan menjadi dilema kesehatan. Antioksidan dalam buah kiwi terbukti dalam studi terdahulu bahwa konsumsi rutinnya sanggup mengurangi kemungkinan terkena stres oksidatif. Kondisi ini juga terkait besar lengan berkuasa dengan kanker usus besar, maka mengonsumsinya secara rutin sanggup menurunkan risiko kanker tersebut.


5. Mengatur tekanan darah
Kiwi juga sanggup membantu mengatur tekanan darah kita, berdasarkan studi tahun 2014 yang menyebutkan senyawa bioaktif dalam konsumsi tiga kiwi sehati sanggup menurunkan tekanan darah ketimbang konsumsi apel tiap hari. Dalam jangka panjang ini juga berarti penurunan risiko pada kondisi yang disebabkan oleh darah tinggi, ibarat stroke atau serangan jantung.

6. Mengurangi pembekuan darah
Sebuah studi yang dilakukan University of Oslo menemukan bahwa memakan dua sampai tiga kiwi sehari secara signifikan sanggup menurunkan risiko pembekuan atau penyumbatan darah. Selain itu juga sanggup mengurangi jumlah lemak dalam darah sehingga sanggup meningkatkan kesehatan jantung. Namun dalam beberapa kasus langka, efek dalam kiwi ini malah sanggup meningkatkan pendarahan. Jika kau mempunyai kelainan pendarahan atau akan melaksanakan operasi bedah, sebaiknya hindari buah ini.

7. Meningkatkan daya pandang
Bukan wortel, namun kiwi menjadi buah yang baik untuk meningkatkan daya pandang. Kiwi sanggup melindungi mata dari degenerasi makula yang sanggup menimbulkan kehilangan pandangan. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi tiga porsi buah dalam sehari, degenerasi makula sanggup turun sebesar 36 persen. Kandung zeaxanthin dan lutein dalam buah kiwi sanggup berkontribusi pada efek tersebut.



Simak Video "Ayo Jangan Malas Minum Susu dan Makan Buah!"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top