0 Comment
Garin Nugroho Ungkap Kucumbu Tubuh Indahku dari Kisah Penari LenggerFoto: (dok.Garin Nugroho)

Jakarta -

Film terbaru Garin Nugroho 'Kucumbu Tubuh Indahku' menjadi pembicaraan di industri perfilman internasional. Sejumlah penghargaan sukses dari film yang diproduksi oleh Fourcolours Film bersama Go-Studio.

Sang sutradara menceritakan filmnya terinspirasi dari dongeng seorang koreografer sekaligus penari Lengger asal Banyumas, Rianto. Dia mempelajari tari Lengger semenjak kecil dan juga telah melanglang buana ke Korea, India, Jerman, Hawaii, Taiwan, Jepang, dan sekarang ia mendirikan Dewandaru Dance Company.

Garin menceritakan nama Rianto yang merupakan salah satu koreografer kenamaan memang berkualitas di seni tari.


"Saya ingin mengangkat Rianto dalam perspektif maskulin dan feminin dalam kebudayaan tari Lengger, dan seru sekali untuk diceritakan," ungkapnya ketika ditemui di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

'Kucumbu Tubuh Indahku' menceritakan perihal Juno yang semenjak kecil ditinggal ayahnya. Dia dianggap membawa sial dan kerap berpindah tempat dari satu saudara ke saudara lainnya.

Dalam perjalanannya, Juno menerima perhatian dari guru tari, tantenya yang aneh, paman, seorang petinju yang tampan, hingga penari reog. Meski begitu, Garin mengaku hanya nukilan dari kisah kehidupan Rianto saja yang diambilnya.



"Filmnya jadi bab dari sejarah seni tari dan pertunjukan di Indonesia. Dalam film, kita sanggup memandang perspektif yang tumbuh di wilayah sehari-hari di Indonesia, di desa-desa, kampung, panggung-panggung. Justru jikalau kita tidak melihat film ini, tidak mengenal apa itu maskulin dan feminin," pungkasnya.

'Kucumbu Tubuh Indahku' bakal tayang di bioskop-bioskop Tanah Air pada Maret 2019 mendatang.



Post a Comment

 
Top