0 Comment
Sunarti, perempuan asal Karawang yang mengalami obesitas alasannya yaitu kesepian (Foto: Luthfiana Awaluddin) Sunarti, perempuan asal Karawang yang mengalami obesitas alasannya yaitu kesepian (Foto: Luthfiana Awaluddin)

Jakarta - Kegemukan atau obesitas kerap dianggap sebagai faktor risiko aneka macam penyakit mematikan. Namun perasaan kesepian pun ternyata mempunyai imbas jelek bagi kesehatan fisik serta kesehatan mental.

Seperti dialami salah satu perempuan asal Karawang, Sunarti (39). Ia dikabarkan mengalami obesitas tanggapan mengalami kesepian. Terlebih lagi ia juga mengaku belum mempunyai momongan dan sering ditinggal suami bekerja. Sehingga pada risikonya ia melampiaskan perasaan buruknya itu kepada makanan.

Dikutip dari detikNews, Sunarti yang awalnya mempunyai bobot 60 kilogram ketika ini menjadi 148 kilogram. Kini ia sama sekali tak dapat berjalan, bahkan kakinya tak besar lengan berkuasa menopang badannya.



Faktor kejiwaan memang banyak dikaitkan dengan contoh makan dan risiko kegemukan. Hal ini terjadi alasannya yaitu seseorang pada kondisi tertentu, contohnya stres atau kesepian, cenderung akan lebih ingin makan dan ngemil atau yang biasa disebut sebagai comfort eating.

Menurut Anindita Citra, psikolog dari klinik obesitas Light House, sebagian besar orang yang melampiaskan pada masakan mempunyai tujuan untuk mendapat sebuah perhatian. Ia membutuhkan hal tersebut, oleh alasannya yaitu itu ketika makan ia akan merasa sedikit terhibur.

"Dia akan merasa less lonely. Merasa ada yang memperhatikan. Makara dengan melaksanakan itu, ada reward tersendiri," ujar perempuan yang bersahabat disapa Citra tersebut, dalam sebuah wawancara dengan detikHealth.

Post a Comment

 
Top