0 Comment
Flu perut merupakan sebutan awam untuk gastroenteritis (Foto: iStock) Flu perut merupakan sebutan awam untuk gastroenteritis (Foto: iStock)

Jakarta - Jika anak tiba-tiba kehilangan nafsu makan dan mengeluh sakit perut serta diare terus menerus, hal tersebut dapat menjadi menunjukan flu perut yang harus diantisipasi secara cepat. Dokter menyebutnya gastroenteritis.

"Hal yang patut diwaspadai dari gastroenteritis ini yakni keadaan kehilangan cairan tubuh atau kekurangan cairan. Bisa terjadi alasannya yakni muntah atau diare yang banyak atau sangat sering dan anak tidak mau makan dan minum," dr Meta Hanindita, SpA, dikala dihubungi detikHealth, Rabu (30/1/2019).



Dikutip dari laman mydr.com, tanda-tanda tersebut dapat berlangsung selama 24 jam sampai seminggu, tergantung dari penyebab gastroenteritis. Kadang-kadang, diare dapat berlangsung lebih lama. Selain itu, terjadi kelelahan dan penurunan berat tubuh anak secara drastis.

dr Meta menambahkan, Keadaan kehilangan cairan tubuh pada anak dikala terjangkit flu perit dapat jadi sangat serius dan berbahaya. Sebab, nanah kuman penyebab flu perut menyerang sistem kanal pencernaan.

"Oleh alasannya yakni itu jikalau ada tanda kehilangan cairan tubuh pada anak dikala gastroenteritis, segera hubungi dokter," imbaunya.

Post a Comment

 
Top