0 Comment
Foto: Dok. DeiMaruFoto: Dok. DeiMaru

Jakarta - Jangan meremehkan ketekunan dari sebuah hobi seseorang. Ada kalanya hobi tersebut juga sanggup menghasilkan laba yang berlimpah.

Salah satunya Adi yang mempunyai bisnis berjulukan DeiMaru. Bisnisnya itu merupakan bisnis yang berfokus pada anime Jepang, menyerupai jasa pembuatan kostum (cosplay), aksesoris serta pakaian bertemakan anime Jepang.

Ia menyampaikan bahwa kecintaannya kepada cosplay ketika masih di dingklik kuliah mengarahkannya kepada peluang perjuangan ini. Pada awalnya memang hanya untuk bersenang-senang, tapi lambat laun hobinya itu pun diminati banyak teman-teman dari komunitas lain.

"Sekitar tahun 2009 masih jarang sekali orang yang sanggup menciptakan kostum cosplay, hingga saya gregetan dan mencoba menciptakan sendiri. Waktu itu niatnya hanya untuk konsumsi eksklusif saja, namun alasannya ialah cosplay ini basisnya komunitas, karenanya makin banyak yang dengar jika saya sanggup menciptakan kostum sendiri," terang ia kepada detikFinance, Minggu (20/1/2019).

Lalu, pada tahun 2011, ia berpikir untuk melebarkan usahanya lebih serius dan menciptakan toko online. Ia menyampaikan bahwa kendala awal yang dihadapinya ialah waktu, di mana ketika itu ia berada dalam posisi sebagai karyawan dan mahasiswa. Saat itu lah Adi kesulitan untuk memenuhi batas waktu pesanan konsumen yang karenanya menciptakan beberapa dari mereka merasa kecewa.

Dengan fokus yang terbagi, karenanya Adi tetapkan untuk keluar dari perusahaannya Januari 2015 dan merekrut tiga orang rekan sebagai tim inti dalam menyebarkan usahanya.

Ia mengungkapkan bahwa ia sama sekali tidak mengeluarkan modal untuk memulai bisnis tersebut. Sebab, DeiMaru merupakan perjuangan yang dibangun dari uang down payment (DP) customer yang melaksanakan pesanan, di mana uang tersebut dipakai untuk pembelian bahan. Lalu, laba yang didapatkan ia kelola untuk menciptakan toko offline di Bekasi.

Barang Dagangan DeiMaruBarang Dagangan DeiMaru Foto: Dok. DeiMaru




Ada beberapa jenis produk yang dijual, yaitu kostum, jaket hingga action figure. Untuk omzet sendiri, ia mengaku mendapat hingga lebih dari Rp 80 juta per bulan.

"Kami membukukan omzet rata-rata Rp 80-an juta dengan kurang lebih 300-an item terjual per bulan, dan top selling-nya ada di kaos dan jaket anime themed," jelasnya.

Harga yang ditawarkan dimulai dari Rp 50 ribu untuk produk aksesoris dan jaket, hingga dengan Rp 10 juta untuk pembuatan kostum. Produk-produk ciptaannya pun telah diekspor ke banyak sekali negara menyerupai Malaysia, Singapura, Kanada, Amerika Serikat, Australia bahkan Brasil.

Pada karenanya yang menjadi tujuan dari bisnis ini ialah bekerja sambil melaksanakan hobi, sehingga hal yang dikerjakan pun terasa menyenangkan.

"Di DeiMaru, sebetulnya hanya satu tujuan saya, yaitu bekerja sambil melaksanakan hobi hingga tiap hal yang saya kerjakan setiap harinya terasa menyenangkan," tutup dia.

Barang Dagangan DeiMaruBarang Dagangan DeiMaru Foto: Dok. DeiMaru


​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com

Post a Comment

 
Top