0 Comment
Durian tak baik bagi pengidap diabetes. Foto: Istimewa Durian tak baik bagi pengidap diabetes. Foto: Istimewa

Jakarta - Kabar seorang pegowes yang meninggal sehabis makan durian usai gowes jadi viral, diikuti imbauan untuk tidak memakan durian di ketika lelah dan jantung berdebar. Soal durian dan efeknya pada jantung, dokter jantung sekaligus penulis buku, dr Vito Damay, SpJP(K), FIHA, FICA, menyebutkan justru pengidap diabetes lebih berisiko tinggi ketimbang yang mempunyai riwayat penyakit jantung.

"Hati-hati yang diabetes sebenernya. Orang yang diabetes sebaiknya jangan pilih durian kalau makan buah. Kalorinya tinggi, gulanya juga tinggi," katanya ketika dihubungi oleh detikHealth, Kamis (24/1/2019).


Pada pengidap diabetes, buah-buahan selain durian yang lebih disarankan untuk dikonsumsi menyerupai pepaya, melon, alpukat, nanas, atau anggur. dr Vito menyarankan jikalau memakan buah, sebaiknya dimakan bergantian atau bervariasi tiap harinya.

Selain itu, ia juga menyampaikan hindari pelengkap tambahan pada buah yang diawetkan. Hal ini disebabkan dalam buah sudah terkandung fruktosa atau gula alami, sehingga perlu diperhatikan juga biar tidak memakannya secara berlebihan lantaran konsumsi gula yang tinggi berbahaya bagi pengidap diabetes.

Lalu memakannya lebih baik secara utuh atau dijus, ya, Dok? "Makan buah utuh lebih baik daripada dijus. Dan ingat, bijinya jangan ikut dimakan ya, hehehe," tandas dr Vito.



Post a Comment

 
Top