0 Comment
Ngemil gorengan. Foto: Istimewa Ngemil gorengan. Foto: Istimewa

Jakarta - Siapa di sini yang doyan ngemil? Biasanya nih, khususnya buat para pekerja kantoran, sudah menyiapkan toples-toples kecil di meja berisi aneka kudapan yang dapat di makan sewaktu-waktu. Tapi harus ingat, nyemil maksimal hanya dua kali dalam sehari.

"Jadi gini, teladan makan seseorang itu harus memenuhi agenda yang teratur. Kalau ngomongin jam makan utama itu pagi, siang, malam. Di antaranya boleh ada selingan. Berarti selingan itu paling tidak dua kali itu sudah sangat cukup," ujar dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK, ketika dijumpai di Central Park Mall, Rabu (30/1/2019).

dr Juwalita menambahkan, jikalau mau ngemil, jumlah kalorinya dihentikan lebih dari 10 persen kebutuhan setiap hari. Kebutuhan kalori untuk usia produktif sekitar 1800-2100. Kaprikornus untuk ngemil kira-kira sekitar 180 kalori. Gorengan tentu tidak ideal alasannya yakni minyaknya lebih banyak dibanding nutrisi lainnya.


"Tapi jangan juga hingga di hitungan kalori saja. Jenisnya mau apa. Sebaiknya kudapan memang tetap perlu ada proteinnya dan serat. Kalau kita makan sesuatu yang berserat maka karbohidrat akan melepas gulanya pelan-pelan di dalam darah," tambahnya

Kalau gula darah dilepas pelan-pelan biasanya keluhan swing mood, ngantuk habis makan, itu lebih minimal. Karena jikalau kebanyakan makan karbo, habis makan akan cepat mengantuk," pungkasnya.

Jadi, sudah berapa kali ngemil hari ini?




Saksikan juga video 'Goreng Makanan Kaprikornus Lebih Sehat dengan Minyak Zaitun':

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top