0 Comment
Foto: shutterstock Foto: shutterstock

Jakarta - Di zaman yang serba kekinian, kaum milenial semakin banyak mengeksplorasi bermacam-macam makanan hits yang kerap menciptakan milenial kalap, menyerupai donat, pisang nugget, cake, sampai minuman bagus menyerupai Thai Tea. Namun di balik rasanya yang enak, ada bahaya diabetes yang dipicu oleh asupan gula berlebih dalam tubuh.

Medical Advisor Kalbe Nutritionals dr. Ervina Hasti W menyampaikan ada aneka macam makanan dan minuman yang sanggup meningkatkan risiko diabetes, di antaranya ialah makanan dan minuman manis, tinggi gula, dan berkalori tinggi.

"Makanan yang sanggup mengakibatkan diabetes mengandung lemak jenuh dan trans menyerupai pada daging olahan, makanan yang digoreng atau dipanggang, daging berlemak, mentega. Makanan tersebut tidak sehat bagi badan dan sanggup meningkatkan kadar kolesterol darah sehingga meningkatkan risiko diabetes," ujar dr. Ervina kepada detikHealth, Jumat (1/2/2019).



Bukan hanya berlaku bagi mereka yang belum terkena diabetes, hal ini juga tentunya perlu diperhatikan oleh milenial dengan riwayat keturunan atau bahkan sudah terdiagnosis diabetes. Untuk itu, dr. Ervina menyarankan untuk lebih memperhatikan tumpuan hidup sehat.

Misalnya, pilih makanan sehat, hindari gula atau karbohidrat sederhana. Sebagai gantinya, pilih jenis karbohidrat kompleks yang mengandung serat menyerupai nasi merah atau roti dari gandum utuh. Tak lupa, ia juga menyarankan untuk selalu memperhatikan label pada kemasan produk sebelum mengonsumsinya.


Namun jikalau ingin mencoba makan atau minum manis, lanjut dr. Ervina, cukup pada momen tertentu saja dengan porsi yang tidak banyak. Ia juga menyarankan untuk mengganti gula dengan embel-embel rendah kalori semoga sanggup tetap menikmati rasa bagus tapi kadar gula darah dan kalori tetap terjaga.

"Apabila ingin makan atau minum manis, boleh tapi batasi hanya di momen khusus saja dan cukup seporsi kecil. Bisa juga mengganti dengan embel-embel rendah kalori yang akan memperlihatkan sensasi bagus namun tidak terlalu terserap oleh badan sehingga kadar gula darah dan kalori tetap terjaga," sambung dr. Ervina.

Salah satu embel-embel rendah kalori yang sanggup dipilih ialah Nulife Sweetener sebagai embel-embel untuk gaya hidup yang lebih sehat. Nulife Sweetener kondusif dikonsumsi dengan kandungan sukralosa. Pemanis rendah kalori ini pun tidak meningkatkan gula darah, tidak diserap tubuh, serta tahan panas.

Post a Comment

 
Top