0 Comment
Mana ikan cupang yang pas untuk memberantas jentik nyamuk? Foto: iStock Mana ikan cupang yang pas untuk memberantas jentik nyamuk? Foto: iStock

Jakarta - Cupang (Betta Sp.) dikenal sebagai salah satu jenis ikan yang sanggup mendapatkan amanah untuk memberantas jentik nyamuk. Namun demikian di antara beberapa jenis cupang mungkin ada yang lebih sesuai tergantung dari kebutuhan kamu.

Pembudidaya cupang, Satria (32), menjelaskan intinya ikan ini dibagi menjadi dua jenis adalah hias dan aduan. Cupang hias ciri utamanya terlihat dari sirip ekor lebar dan warna badan yang tampak cerah bervariasi. Sementara itu cupang aduan mempunyai ciri-ciri gerakan yang bergairah dan sirip ekor cenderung pendek.


Nah jikalau untuk memberantas jentik, Satria merekomendasikan cupang hias. Alasannya alasannya berdasarkan laki-laki yang sudah dua tahun membudidayakan ikan ini, cupang hias punya nafsu makan lebih besar daripada cupang adu.

"Kalau cupang sabung itu beliau perkembangbiakannya enggak cepat jadi dari segi nafsu makan juga lebih anggun yang hias," kata Satria saat ditemui di peternakan cupangnya di tempat Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Selasa (29/1/2019).

"Terus cupang sabung itu praktis stres ya saya lihat. Kalau yang sabung lagi stres sanggup enggak mau makan beliau kadang-kadang," lanjutnya.

Dalam kondisi normal baik cupang hias atau aduan rata-rata dalam sehari sanggup menghabiskan hingga 15 jentik nyamuk. Menurut Satria ikan ini cocok ditempatkan di kolam mandi atau wadah dengan volum air cukup dengan ketinggian minimal 5-6 sentimeter (cm).

Kalau contohnya ingin cupang yang lebih buas makan jentik, Satria merekomendasikan jenis cupang giant.

"Kalau memang mau yang makannya banyak anggun giant. Karena beliau ukurannya lebih besar sanggup hingga 6 cm. Itu gres rakus banget makannya," pungkas Satria.

Post a Comment

 
Top