0 Comment
Belakangan lagi banyak ibu-ibu mengeluh anaknya kena flu perut (Foto: iStock) Belakangan lagi banyak ibu-ibu mengeluh anaknya kena flu perut (Foto: iStock)

Jakarta - Belakangan ini, beredar kabar banyak bawah umur yang terjangkit flu perut. Tentu hal ini menciptakan para orangtua menjadi khawatir, alasannya yakni flu perut tidak sama menyerupai pilek atau flu biasa.

"Di dalam dunia medis sendiri sebetulnya tidak ada istilah flu perut. Sepertinya yang dimaksud flu perut ini yakni gastroenteritis," kata dr Meta Hanindita, SpA, ketika dihubungi detikHealth, Rabu (30/1/2019).



dr Meta menambahkan, penyebab 'flu perut' sanggup beragam. Mulai dari virus, kuman dan parasit. Nampaknya, cuaca yang ekstrim bukan menjadi penyebab utama dari flu perut.

"Gastroenteritis yakni bisul yang menyerang jalan masuk cerna anak. Infeksi ini sanggup disebabkan oleh virus, kuman atau benalu (lain)," tambahnya.

Dikutip dari laman mydr.com, kuman yang umumnya menimbulkan gastroenteritis termasuk E. coli, Salmonella atau Campylobacter. Bakteri gastroenteritis biasanya terjadi lantaran mengonsumsi masakan atau air yang terkontaminasi. Beberapa kuman menghasilkan racun yang sanggup menimbulkan keracunan masakan parah, menjadikan kram perut dan muntah beberapa jam sehabis makan.

Post a Comment

 
Top