0 Comment
Flu perut alias gastroenteritis banyak menyerang belum dewasa (Foto: Thinkstock) Flu perut alias gastroenteritis banyak menyerang belum dewasa (Foto: Thinkstock)

Jakarta - Gastroenteritis atau yang lebih dikenal sebagai flu perut disebabkan oleh nanah yang berasal dari virus ataupun bakteri. Karenanya, penularan virus tersebut dapat berlangsung dengan sangat cepat.

"Infeksi virus sangat menular. Sembuh berapa lamanya ini sangat tergantung dari apa penyebabnya. Untuk nanah yang disebabkan benalu biasanya dapat bertahan lebih usang dibanding virus atau bakteri," ujar dr Meta Hanindita, SpA, ketika dihubungi oleh detikHealth, Rabu (30/1/2019).

Oleh alasannya yakni itu, pengobatan flu perut dapat sangat beragam. Sangat bergantung dari penyebab penularan, yakni bakteri, virus atau parasit.



"Kalau virus dengan cairan yang cukup dan terapi sesuai tanda-tanda aja. Kalau basil harus antibiotika," tambahnya.

Saat ini, dr Meta menyampaikan memang sangat banyak keluhan mengenai flu perut. Maka dari itu, orangtua dihimbau untuk lebih waspada.

Karena flu perut dapat sangat menular, dihimbau untuk anak yang sedang mengidap flu perut untuk dikarantina sementara waktu dan dipisahkan dengan anak lain biar virus tidak menyebar. Ajarkan anak untuk selalu mencuci tangan dengan higienis di tiap-tiap waktu tertentu.

Post a Comment

 
Top