0 Comment
Foto: Dok OPPOFoto: Dok OPPO

Jakarta - Smartphone yang digunakan sehari-hari merupakan perangkat yang lolos 'siksaan' dari pabriknya. Lewat quality control ini, produsen smartphone ingin memastikan jikalau produknya kondusif dan dapat digunakan sehari-hari.

Salah satu produsen smartphone yang melaksanakan hal tersebut yakni OPPO. PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto menyampaikan ada banyak pengujian yang dilakukan terhadap smartphone OPPO, contohnya ketahanan banting.

"Kalau pengujian banyak sih, ada yang namanya drop test, handphone yang dijatuhkan dari ketinggian mulai dari 1 meter, 1,5 meter, ke lantai marmer. Makara dibanting-dibanting dilihat lagi masih manis enggak," terang Aryo ketika berbincang dengan detikFinance beberapa waktu lalu.


"Tapi sebelumnya ada yang namanya pengujian dibakar (dioven) suhu tinggi sama di suhu rendah. Makara eksklusif di-switch dari suhu tinggi ke suhu rendah bagaimana, pecah atau enggak, retak atau enggak. Kalau dari suhu rendah itu bagaimana. Suhu rendah itu handphone masih jalan enggak. Di suhu tinggi handphone-nya dapat jalan enggak," sambungnya.

Pengujian suhu ini menurutnya dilakukan biar smartphone OPPO dapat digunakan di aneka macam negara yang mempunyai temperatur suhu berbeda-beda. Mengingat sebaran produk OPPO sudah menjangkau ke 30 negara.

"Karena kan suhu itu mempengaruhi soal pasar kita kan. Kita enggak dapat bikin handphone (untuk) Asia saja, harus ke Eropa. Kalau handphone-nya suhu segini ke suhu segini dapat enggak jalan, jikalau suhunya panas gini dapat enggak ia jalan," jelasnya.

Selain itu, OPPO juga melaksanakan pengujian pada produk embel-embel ibarat kabel dan headset. Tes dilakukan dengan pasang-cabut kabel USB sampai 1.000 kali.


"Yang paling sadis itu Find X gak biasanya itu dipelintir. Terus yang kedua tesnya itu di celana ada kantongnya terus ditekan. Headset juga ditaruh ke tempatnya terus diputar (kabelnya), putus apa enggak. Kabel juga begitu," ungkapnya.

OPPO juga melaksanakan weather test. Perangkat OPPO diuji simulasi hujan sambil menjalankan sebuah aplikasi.

Post a Comment

 
Top