0 Comment
Foto: GettyImagesFoto: GettyImages

Jakarta - Awal tahun 2019 ini jagat maya (warganet) dihebohkan oleh fenomena bisnis rangkai kata. Bisnis rangkai kata ini sendiri ramai diperbincangkan sebulan terakhir sehabis seorang pengguna media umum Twitter membuka bisnis jasa merangkai kata.

Adalah Zarry Hendrik, seorang penulis yang juga terkenal di jagat Twitter, menginisiasi bisnis rangkai kata ini. Pria 31 tahun ini sempat menghebohkan dunia maya alasannya yaitu bisnis unik yang digelutinya ini.

Lelaki yang juga gres saja menerbitkan buku berjudul Titik Lemah, Desember kemudian ini memanfaatkan kreativitasnya sebagai penulis untuk mendulang rupiah. Dari usahanya ini saja beliau telah berhasil mencetak pemasukan sebesar Rp 40 juta sejauh ini.

Apa sih bisnis jasa rangkai kata itu? Penasaran dengan fenomena ini detikFinance mencoba menghubungi Zarry Hendrik mengenai hal tersebut.


Pria yang juga dekat dipanggil Bang Jep ini menjelaskan bahwa bisnis yang sedang digelutinya ini memperlihatkan jasa pembuatan caption ataupun pesan untuk diunggah di sosial media. Bisnis ini terbilang baru, alasannya yaitu berdasarkan penuturan Zarry beliau memulai jasa rangkai kata ini sekitar sebulan yang kemudian tepatnya pada Desember 2018.

"Bisnis ini kurang lebihnya yaitu jasa rangkai kata, copywriting. Nah yang (membuat) ramai kemarin itu alasannya yaitu saya menjual sesuatu yang sifatnya personal usage (kebutuhan pribadi) yang sebelumnya tampaknya belum ada, kalau komersil kan banyak kaya buat merk atau yang lain," ungkap Zarry ketika berbincang dengan detikFinance lewat sambungan telepon, Rabu (9/1/2019).

Zarry mengaku, awalnya beliau hanya membuka pesanan untuk menciptakan caption alias keterangan foto di Instagram. Namun, beliau bercerita kini pesanan yang masuk bukan hanya caption melainkan seruan untuk merangkaikan kata untuk pesan pribadi.

"Nah jasa ini berkembang jadi message (pesan pribadi) yang awalnya cuma caption, jadi sanggup dikirim via whatsapp, email, dan lainnya. Justru pas booming awal emang caption, tapi yang banyak ini kini malah orderan untuk pesanan pesan pribadi," ungkap Zarry.

Bermodalkan kreativitasnya Zarry berhasil raup pundi-pundi rupiah dari hanya merangkaikan kata untuk orang lain. Saking menjanjikannya, beliau menyampaikan sampai kini sudah mempunyai pemasukan sebesar Rp 40 juta dari jasa merangkai katanya.

"Sebulan ya sanggup 40-an lah. 40 juta itu sih pemasukan belum higienis ya saya itung bernafsu aja," katanya.

Beragam seruan merangkai kata pernah diterima oleh Zarry. Tidak jarang beliau juga mendapatkan seruan merangkaikan kata untuk pesan cinta.

Zarry sempat bercerita pernah mendapatkan pesanan seorang yang hampir berpisah dengan kekasihnya, menurutnya orang tersebut yakin sekali dengan rangkaian kata buatannya sanggup meluluhkan hati pasangannya. "Saya kaya berasa dukun gitu," katanya.

"Padahal yang diorder kan cuma semoga sanggup menyambung isi kepala yang mungkin sulit keluar saya bantuin merangkai kata-katanya gitu. Bukan mantra atau jampi-jampi," kisah Zarry.

Untuk jasa merangkai katanya ini, Zarry memperlihatkan rentang harga Rp 50 ribu sampai Rp 500 ribu per satu rangkaian kata baik caption maupun pesan pribadi. Zarry juga menyampaikan dirinya membuka seruan merangkai kata untuk kebutuhan komersil, beliau mematok harga Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta per pesanan.

Post a Comment

 
Top