0 Comment
Foto: Grandyos ZafnaFoto: Grandyos Zafna

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menciptakan trayek bus baru, trayek itu akan diberi nama "Trans Java". Bus Trans Java ini nantinya akan melayani rute Jakarta-Surabaya.

Bus ini merupakan salah satu pilihan moda transportasi umum yang beroperasi di sepanjang jalur Tol Trans Jawa. Direncanakan bus ini sanggup mengurangi kecenderungan masyarakat memakai kendaraan langsung dikala bepergian.

Direktur Angkutan dan Multimoda Darat Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani menyampaikan bus Trans Java merupakan trayek bus pelayanan khusus. Maksudnya, bus Trans Java ini hanya akan beroperasi di dalam Tol Trans Jawa, tanpa keluar dari tol.


"Sebetulnya sih hampir sebagian besar PO (perusahaan otobus) juga sudah ada rute ke Surabaya. Nah nanti, kita buat bus (Trans Java) ini operasionalnya hanya di dalam tol tidak keluar tol, pelayanan khusus lah," ungkap Ahmad dikala dihubungi detikFinance, Senin (7/1/2019).

Menurut Ahmad, bus Trans Java ini nantinya akan mempunyai pelayanan setara dengan bus eksekutif/bisnis. Maka dari itu, menurutnya bus ini rencananya akan dipatok dengan tarif non-ekonomi.

"Pastinya (bus eksekutif). Bukan bus dengan tarif ekonomi, niscaya (kualitasnya) akan setara bus eksekutif," kata Ahmad.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengusulkan transportasi umum bus 'Trans Java' ini. Dia menginginkan ada moda transportasi yang sanggup beroperasi di sepanjang jalur Tol Trans Jawa.

Post a Comment

 
Top