0 Comment
Foto: detikINET/Irna PrihandiniFoto: detikINET/Irna Prihandini

Jakarta - Fenomena bisnis rangkai kata sedang terkenal dibicarakan di media sosial. Bisnis ini menyampaikan jasa perangkaian kata untuk berupa caption, ucapan, ataupun pesan untuk diunggah di media sosial.

Zarry Hendrik, seorang penulis yang juga terkenal di media umum Twitter menginisiasi bisnis ini. Dengan memanfaatkan kreativitasnya, Zarry berhasil menciptakan sebuah bisnis gres yang terlihat sepele namun menjanjikan.

Bagaimana tidak menjanjikan? Menurut legalisasi laki-laki yang sering disapa Bang Jep ini, dari jasa merangkai kata saja dirinya telah mencatatkan pemasukan hingga Rp 40 juta. Memang berapa sih ongkos untuk sekali pesan rangkaian kata?

Menurut legalisasi Zarry, beliau menyampaikan rentang harga Rp 50 hingga Rp 500 ribu per satu rangkaian kata baik caption maupun pesan pribadi. Harga tersebut masih dapat diubahsuaikan dengan undangan dari kliennya.

"Harga normal reguler caption itu Rp 50 ribu buat personal. Nah kalau yang paket kilat-kilat itu dapat hingga di atas Rp 50 ribu, saya patokin bikin caption itu 7 hari harga normal, minta 3 hari harga sudah beda (makin mahal), nah besoknya jadi apalagi, hari ini jadi waduh apalagi tuh," ungkap Zarry kepada detikFinance, Rabu (9/1/2019).


Menurut Zarry harga yang dipatok ini sudah sepadan dengan hasil yang beliau berikan beliau kepada kliennya. Dia juga menyampaikan hingga sekarang belum ada keluhan mengenai harga.

"Ini sepadan sih, mungkin ada juga yang i dont know memang paham bikin ini nggak gampang butuh waktu butuh kopi butuh wangsit butuh yang lain. Kadang ya saya yang nawar semoga nggak mahal-mahal, alasannya ya mungkin mereka sudah terlalu urgent keperluannya, mungkin memang crazy rich netizen" kata Zarry.

Zarry juga menyampaikan dirinya membuka undangan merangkai kata untuk kebutuhan komersil, beliau mematok harga Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta per pesanan. Menurutnya, untuk kebutuhan komersil memang lebih menguntungkan.

"Kaya buat brand, online shop, ada merk yang rada besar gitu, event juga, hingga ada yang memperlihatkan bulanan gitu buat isi akun instagramnya. Yang menarik dari beling mata rupiah memang komersil alasannya harganya kan lebih mahal dari brand, cuma yang menyenangkan ya bikin yang personal," kata Zarry.

Post a Comment

 
Top