0 Comment
Foto: dok. Getty ImagesFoto: dok. Getty Images

Jakarta - Pasangan terkaya dunia, Jeff Bezos dan istrinya MacKenzie bercerai sesudah 25 tahun hidup bersama. Perceraian ini diyakini sanggup besar lengan berkuasa terhadap investor para pemegang saham Amazon. Amazon didirikan Bezos, dan sekarang beliau menjadi CEO.

Dikutip dari CNBC, Kamis (10/1/2019), perceraian ini dinilai akan besar lengan berkuasa terhadap kontrol Bezos terhadap Amazon. Pengamat tak pernah berpikir situasi menyerupai ini akan terjadi, di mana seorang pendiri perusahaan yang telah bahu-membahu dengan pasangannya semenjak perusahaan berdiri, balasannya berpisah.

Satu-satunya yang muncul dalam pikiran mereka ialah Rupert Murdoch, yang sudah bahu-membahu istri keduanya Anna selama lebih dari 30 tahun, sebelum balasannya berpisah 1999.

Mungkin akan sulit bagi Bezos untuk membagi kekayaannya sesudah bercerai tanpa mensugesti saham kepemilikan beliau di saham Amazon, kata Jordan Neyland, ajudan profeso aturan di George Mason University. Jordan sudah menulis topik soal perceraian CEO.


"Banyak perceraian CEO sebelumnya ialah lebih banyak karier profesional yang telah membangun kekayaan lain sebelum menjadi CEO," kata Neyland.

"Jadi aku pikir itulah yang menciptakan yang ini sedikit berbeda, menjadi seorang pendiri yang bercerai dikala berada di kantor," tambahnya.

Biasanya, seorang CEO menghindari pembagian saham sesudah bercerai dengan cara meninggalkan aset lain untuk pasangannya, menyerupai rumah dan properti lain.

"Tapi untuk perkara ini, semua kekayaan akan terikat di Amazon. Di perkara ini, aku membayangkan pasangannya akan punya beberapa saham di Amazon. Kaprikornus ini akan mengubah kepemilikan di Amazon," kata Neyland.

Ini juga berarti, Amazon harus mencari struktur gres untuk meyakinkan bahwa Jeff Bezos masih mempunyai 'suara'(voting) di Amazon lewat sahamnya, menyerupai dengan cara membentuk kelas-kelas ssaham berebda dnegan jumlah kekuatan voting yang bervariasi.

Profesor di Sekolah Pascasarjana Bisnis Stanford, David Larcker menilis sebuah makalah penelitian 2013 yang menguraikan cara-cara di mana perceraian CEO sanggup berdampak pada pemegang saham. Menurutnya, Bezos tidak akan begitu keberatan dnegan membagi kekayaan terhadap pasangannya. Lain soal bila Bezos bukan orang paling tajir sejagat.


"Jika ada orang, katakanlah bernilai sepuluh juta dolar, dan mereka memberi setengah kepada pasangan mereka baik pria atau perempuan, maka kekayaan mereka turun menjadi lima juta. Dalam pengaturan semacam itu, kalau Anda yakin Anda menjadi lebih enggan mengambil risiko. kalau Anda mempunyai lebih sedikit uang, itu sanggup berarti pengambilan keputusan yang lebih berisiko," katanya.


Pasangan Terkaya Dunia Cerai, Saham Amazon Kaprikornus 'Korban'

Post a Comment

 
Top