0 Comment
Foto: Agung PambudhyFoto: Agung Pambudhy

Jakarta - Maskapai Lion Air sampai Citilink menerapkan tarif bagasi. Tarif bagasi yang diterapkan berbeda-beda sesuai rute dan jam penerbangan.

Menanggapi hal itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, persaingan bisnis maskapai ketat dengan laba yang tidak besar. Di sisi lain, risiko yang ditanggung juga cukup besar.

"Jadi gini, internasional itu memang perjuangan airlines satu perjuangan yang sangat tight (ketat), jadi laba tidak besar tapi risiko tinggi," ungkapnya di JIExpo Kemayoran Jakarta, Sabtu (12/1/2019).


Sementara, sebelum maskapai tidak menaikkan tarif di dikala harga materi bakar masih tinggi.

"Dan kini ini avtur naik sekali, jikalau dihitung dari sekian tahun terakhir kenaikan ini, mereka tidak menaikkan, sehingga mereka dalam satu harga marjinal sekali," tambahnya.

Dia melanjutkan, pengenaan tarif bagasi tersebut sebagai upaya maskapai untuk bertahan. Dia tak ingin ada maskapai berguguran.

"Apa yang dilakukan ialah satu upaya biar mereka dapat survive, coba dibayangkan jikalau tiba-tiba ada airlines kita yang berakhir, saya tidak mendoakan itu, kan jadi repotkan. Kaprikornus salah satu inovasinya itu dengan (bagasi) barang itu," tutupnya.

Post a Comment

 
Top