0 Comment
Buah sudah usang dikenal sebagai asupan yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. (Foto: Thinkstock) Buah sudah usang dikenal sebagai asupan yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. (Foto: Thinkstock)

Jakarta - Buah sudah usang dikenal sebagai asupan yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. Mengonsumsi buah dengan sayur atau digabung asupan lain kerap dianggap bisa melengkapi asupan nutrisi harian.

Namun kenyataannya, tidak semua buah bisa dikonsumsi bersamaan dengan asupan lain. Menurut dokter dan konsultan kesehatan holistik Bhaswati Bhattacharya, buah justru sebaiknya dikonsumsi sendiri dalam kondisi perut kosong.

"Gula sebenarnya sulit diolah badan alasannya ialah cenderung berat dan perlu banyak energi. Inilah yang menyebabakan buah sebaiknya dikonsumsi sendiri, tidak digabung dengan asupan lain. Buah juga mengandung cukup energi, sehingga mengonsumsinya dengan sumber protein dan karbohidrat lain akan menghilangkan manfaatnya. Risiko lain ialah muncul gangguan misal sakit perut atau merasa tidak nyaman," kata Bhattacharya.


Kendati begitu, makan beberapa jenis buah sekaligus bukannya tidak boleh sama sekali. Dikutip dari Times of India, berikut 4 hal yang harus diperhatikan jikalau ingin makan beberapa buah sekaligus.

1. Bangsa melon harus dimakan sendiri

Melon, semangka, dan buah sejenis lainnya harus dikonsumsi sendiri. Dengan kandungan air yang tinggi, buah jenis ini cenderung lebih cepat diolah badan daripada yang lain. Konsumsi bersama asupan lain dikhawatirkan mengganggu pengolahan buah.

2. Buah asam jangan dicampur manis

Riset menyatakan makan buah asam dan bagus bersama berisiko meningkatkan kadar asam dalam badan (acidosis), mual, dan pusing. Buah dengan rasa asam sebaiknya jangan dikonsumsi bersama dengan yang manis. Buah dengan rasa asam misal anggur dan strawberry, sedangkan sub-acidic yang berada di antara asam dan bagus ialah apel.


3. Buah jangan dikonsumsi bersama sayur

Buah dan sayur diolah badan dengan cara yang berbeda. Buah cenderung lebih cepat diolah badan dibanding sayuran, dengan kandungan air dan gula yang tinggi. Makan buah dan sayur bersamaan berisiko meningkatkan produksi asam lambung, serta menjadikan sensasi panas di dada. Dengan alasan yang sama, jeruk dan wortel sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan.

4. Buah dengan tepung dan protein tinggi dikonsumsi terpisah

Hanya buah tertentu yang mengandung tinggi karbohidrat misal pisang hijau. Buah ini sebaiknya jangan dikonsumsi bersama dengan yang tinggi protein. Hal serupa diterapkan pada sayur, alasannya ialah buah mencernanya dengan cara berbeda. Tubuh perlu asam untuk mencerna protein, serta alkalin atau basa untuk mengolah karbohidrat.



Simak Video "Sayuran-sayuran Ini Bisa Bantu Berat Badanmu Cepat Turun"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top