0 Comment
Polusi bukan alasan untuk tidak olahraga (Foto: iStock) Polusi bukan alasan untuk tidak olahraga (Foto: iStock)

Jakarta - Tujuan utama berolahraga tentunya untuk menjaga kesehatan. Namun, apa karenanya bila olahraga dilakukan ketika kualitas udara buruk? Bukannya sehat yang kita dapatkan, melainkan penyakit yang berkaitan dengan gangguan fungsi paru.

Praktisi kesehatan paru, dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), dari PDPI (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia) menyarankan untuk menghindari acara berlebihan pada ketika kualitas udara tidak baik.

"Olahraga ketika kualitas udara sedang jelek akan meningkatkan jumlah polutan yang masuk ke dalam tubuh," katanya pada ketika temu media di Kantor PDPI Cipinang, Jakarta Timur.



Namun, bukan berarti kita menghindari olahraga alasannya ialah takut polusi. Ada banyak cara untuk berolahraga, berikut seni administrasi dari dokter Agus.

Pertama, cobalah olahraga indoor. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan. Sementara untuk olahraga outdoor, pastikan untuk mengecek Air Quality Indeks (AQI) terlebih dahulu.

"Kalau tetap mau olahraga outdoor, lakukan ketika kualitas udara sedang baik, contohnya selesai pekan," katanya.

Lakukan olahraga ketika kualitas udara bagus. Pilihlah tempat-tempat yang jumlah polutannya sedikit. Kemudian, jangan lupa untuk memakai masker dengan kemampuan filtrasi yang baik.

"Jadi tetap harus dilakukan olahraga, tapi lakukan dengan seni administrasi untuk mengurangi efek polusinya," pungkasnya.



Simak Video "Cara Natasha Rizky Lindungi Keluarga dari Polusi"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top