0 Comment
Joging yuk pagi ini untuk membantu tubuh cepat langsing. Foto: iStock Joging yuk pagi ini untuk membantu tubuh cepat langsing. Foto: iStock

Jakarta - Menurunkan bobot supaya mencapai berat tubuh ideal sanggup diraih dengan berolahraga dan mengubah pola makan menjadi sehat. Ada banyak olahraga yang sanggup dilakukan, namun para peneliti baru-baru ini lebih yakin joging yakni olahraga yang ideal.

Hal ini didasari oleh penelitian yang dilakukan di China. Mereka mengidentifikasi lima jenis olahraga yang paling efektif untuk membantu orang yang berusaha lepas dari kondisi obesitas.

Dikutip dari Health Line, dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS Genetics tersebut, joging secara teratur menjadi jenis olahraga yang paling baik untuk mengendalikan obesitas dan mencegah naiknya berat badan.

Empat olahraga lainnya yang mereka teliti yakni daki gunung, berjalan (termasuk berjalan cepat), beberapa jenis dansa dan latihan yoga dalam waktu yang lama. Hasil ini mereka dapatkan sesudah menyurvei 18.424 warga China dewasa, berusia 30-70 tahun.


"Joging menjaga denyut jantung pada zona kondusif yang rendah, yang termasuk dalam zona pembakaran lemak. Ini berarti tubuh memakai lemak sebagai energi utama untuk menjaga denyut jantung tetap pada zona ini. Saat seseorang menaikkan tingkat olahraganya, resistensi dan kecepatan, mereka berpindah pada zona denyut jantung yang lebih tinggi, yang memakai glikogen atau gula sebagai energi," tutur Bianca Beldini, dokter fisioterapi dan instruktur level 1 USA Triathlon.

Beldini kerap memberi tahu para pasiennya bahwa zona kondusif rendah sanggup dilakukan dalam jangka waktu usang dengan intensitas rendah alasannya yakni mereka memakai simpanan lemak sebagai energi. Seseorang yang obesitas mempunyai rasio lemak lebih tinggi dari otot, sehingga memudahkan untuk hal tersebut.

Ingin memulai joging pagi ini? Kuncinya yakni mulai dengan perlahan. Robert Herbst, seorang instruktur pribadi, menyarankan memulai joging perlahan dimulai dengan berjalan dan latihan resistensi untuk membangun otot kaki.

Ditambahkan oleh Beldini, kombinasi joging dan berjalan dengan kecepatan senyaman kita sanggup membantu kita terbiasa. Misalnya lakukan 3 menit joging diikuti 30 detik berjalan kaki, kemudian 4 menit joging diikuti dengan 45 detik berjalan, atau 5 menit joging dengan 1 menit berjalan.

"Kombinasi apapun tak persoalan selama yang melaksanakan tetap berada dalam zona denyut jantung terendah mereka. Kamu juga sanggup memakai alat pengukur denyut jantung menyerupai smartwatch," pungkasnya.






Simak Video "Olahraga Sambil Mungut Sampah yang Lagi Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top