0 Comment
Pilih-pilih binatang kurban (Foto: Charolin Pebrianti) Pilih-pilih binatang kurban (Foto: Charolin Pebrianti)

Jakarta - Hari Raya Idul Adha 2019 yang akan jatuh pada hari Minggu (11/8/2019) biasanya identik dengan penyembelihan hewan kurban. Mengurbankan binatang sehat merupakan salah satu kriteria yang disyariatkan dalam Islam. Lantas bagaimana cara menentukan binatang kurban yang sehat?

Drh Supratikno, MSi, PAVet, Kepala Tim Peneliti Penyembelihan Halal Science Center (HSC) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyebutkan beberapa ciri binatang yang sehat.

"Ciri binatang sehat ialah yang aktif bergerak, nafsu makan baik, rambut atau bulu tidak kusam, cermin hidung basah, mata bersinar, mulut, hidung, dan anus bersih," katanya ketika dihubungi detikHealth, baru-baru ini.



Hewan kurban di Sleman, Yogyakarta.Hewan kurban di Sleman, Yogyakarta. Foto: Arum Safitri/detikcom


Selain itu, menurut Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), ada beberapa kriteria yang harus ada pada binatang yang akan dikurbankan.

1. Sehat

Tentu saja binatang yang akan dikurbakan harus sehat. Saat membelinya, ada beberapa tata cara untuk menilai binatang tersebut sehat atau tidak.

- Hewan dilihat dari sisi kanan, kiri, depan, dan belakang terlihat normal.
- Mintalah pedagang untuk menjalankan hewan, alasannya ialah binatang yang sakit cenderung terlihat lemas dan enggan berjalan.
- Periksa kaki dan kukunya, pastikan tidak ada luka.
- Coba berikan makanan, binatang sehat mempunyai nafsu makan yang baik.
- Lihat secara seksama lubang badan dan mata, pastikan tidak terlihat tanda binatang buta atau sakit mata.
- Periksa cermin hidung, kalau kering itu mengatakan binatang sedang sakit atau demam.

2. Tidak cacat

Periksalah apakah ada suatu kekurangan pada binatang tersebut, misal indera pendengaran rusak, ekor terpotong, pincang, buta, atau buah zakar (testis) tidak lengkap.

Hewan kurban harus yang sehat.Hewan kurban harus yang sehat. Foto: Dadang Hermansyah


3. Tidak kurus

Jangan beli binatang yang kurus. Kurus atau tidaknya suatu binatang dilihat dari adanya tonjolan tulang-tulang rusuk atau iga, tulang bab pinggang, dan tulang bab pinggul.

4. Cukup umur

Ingat, ketika membeli binatang kurban tanyalah pada pedagang usia binatang tersebut. Untuk kambing atau domba setidaknya sudah genap satu tahun atau memasuki tahun kedua (13 bulan). Untuk sapi, minimal berusia dua tahun atau memasuki tahun ketiga (25 bulan).



Simak Video "Jelang Idul Adha, Hati-hati Bahaya Kolesterol Mengincar!"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top