0 Comment
Salah makan dapat berakibat pada sakit perut (Foto: Shutterstock) Salah makan dapat berakibat pada sakit perut (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Sakit perut dan mulas merupakan tanda-tanda yang kerap kita alami di pagi hari. Biasanya disebabkan usus besar yang terinflamasi dan tidak mampu untuk mencerna masakan yang tinggi serat dan lemak.

Jika pagi ini kau merasa sakit perut lantaran terlalu banyak mengonsumsi serat dan lemak, coba redakan perut yang 'memberontak' dengan 8 masakan berikut ini, dirangkum dari Women's Health:



1. Roti dan nasi putih
Tepung terigu dalam roti telah diolah dan tak banyak mengandung serat, yang berarti lebih gampang dicerna tubuh. Nasi putih juga termasuk dalam kategori rendah serat sehingga membantu kau yang sakit perut.

2. Semangka
Kandungan air dalam buah semangka dapat membantu ketika perut sakit dan mulas. Ditambah lagi semangka mengandung serat yang tak cukup banyak dan gampang dicerna tubuh.

3. Daging ayam
Mengonsumsi daging ayam tanpa lemak merupakan pilihan terbaik untuk membantu meredakan perut yang 'memberontak'. Jika ingin mencoba protein lain, ikan dapat menjadi pilihannya, namun hindari ikan-ikan berlemak menyerupai makerel, sarden, dan salmon.

Merasa mual untuk mengunyah daging? Mungkin kau dapat menentukan untuk memakan sup ayam semoga lebih gampang dicerna. Bahkan hanya meminum kuah sup saja dapat membantu menghidrasi tubuhmu, yaitu kombinasi garam dan air.

4. Pisang
Buah pisang berwarna makin gelap semakin baik dan anggun untuk dicerna tubuh. Dalam kondisi tersebut, pati resisten dalam pisang bermetamorfosis gula yang menciptakan ususmu tidak perlu bekerja keras.



5. Oatmeal
Oatmeal yang dimasak komponennya terpecah dan secara tidak pribadi kau telah membantu proses pencernaan bahkan sebelum masuk ke dalam mulut. Jika ingin menambahkan sesuatu ke oatmealmu, berilah buah-buahan segar.

6. Ubi manis
Ubi manis merupakan masakan yang gampang dicerna dan tentu saja terasa yummy dan bernutrisi. Kamu dapat memanggangnya atau merebusnya dan siap dinikmati (jangan lupa kupas kulitnya!).

7. Telur
Telur rebus matang merupakan masakan paling gampang dan anggun untuk membantu meredakan perut yang mulas dan sakit. Jika tak ingin meresbu telur, dapat dijadikan orak-arik juga namun ingat untuk tidak memakai banyak minyak atau mentega.

8. Teh herbal
Terakhir, walaupun bukan makanan, teh herbal dapat menjadi kunci penting jikalau kau merasa tak mampu makan namun perut melilit. Di antara semua teh herbal, teh kamomil dapat menjadi pereda sakit perut yang terbaik, selain itu ada teh jahe untuk cegah muntah dan teh mint untuk meredakan sakit perut dan diare.



Simak Video "Ini Alasan Jangan Makan Rasa Asam di Pagi Hari"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top