0 Comment
Mendiang Mbah Moen. (Foto: Ilustrasi: Fuad Hasim) Mendiang Mbah Moen. (Foto: Ilustrasi: Fuad Hasim)

Jakarta - Putra mendiang KH Maimun Zubair atau yang kerap disapa Mbah Moen menuturkan ayahnya mengidap banyak sekali jenis penyakit semenjak kecil yang membuatnya selalu minum obat.

Majid Kamil MZ menyebut kebiasaan ayahnya ini sudah dilakukannya semenjak usang bahkan ia mengibaratkan Mbah Moen meminum obat sudah mirip makan nasi alasannya yaitu dilakukan setiap hari.

"Obat itu diminum bukan untuk menyembuhkan, tapi lebih mirip orang memakan nasi," kata Gus Kamil, Rabu (7/8/2019).



Tak disebutkan jenis obat yang dikonsumsi Mbah Moen. Namun kebiasaan minum obat terus menerus tanpa indikasi medis juga pernah dialami oleh laki-laki asal Cilegon berjulukan Acep Sumekar alias Miing Sumaker. Dikabarkan, ia dapat mengonsumsi obat sakit kepala sebanyak 12 tablet atau 3 strip setiap hari.

Sama mirip Mbah Moen yang tetap terlihat sehat dan suaranya tetap lantang, Miing juga mengaku tidak punya keluhan efek samping apapun dengan kebiasaannya menenggak obat sebanyak itu setiap hari.

Pada kesempatan itu, dokter konsultan gastroenterologi hepatologi Dr dr Rino Alvani Gani, SpPD-KGEH menyampaikan konsumsi obat berlebih mempunyai risiko merusak hati. Namun daya tahan badan sampai terjadi kerusakan hati berbeda pada tiap orang berkisar 25-30 tahun.



"Masyarakat yang minum obat sampai 12 butir sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Dari sana akan diketahui efek konsumsi obat dan penanganan yang diperlukan sebelum terjadi penurunan kesehatan," kata dr Rino pada detikHealth, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, peneliti dari Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience (IMAN) dr Hari Nugroho MSc, menyampaikan konsumsi obat dalam jangka waktu yang panjang dapat menjadikan doktrin secara psikis.

"Pola konsumsi pada akibatnya juga serta membentuk kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari pasien," pungkas dr Hari.



Simak Video "Mbah Moen Tutup Usia di Mekah"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top