0 Comment
Agung Hercules berpulang. Foto: Agung Hercules (dok. Instagram) Agung Hercules berpulang. Foto: Agung Hercules (dok. Instagram)

Jakarta - Agung Santoso atau Agung Hercules berpulang pada Kamis (1/8/2019) sehabis berjuang melawan glioblastoma atau glioblastoma multiforme (GBM). Dikutip dari WebMD, GBM ialah kanker otak yang awalnya tumbuh pada 1 sisi yang menyebar lewat saraf penyambung (corpus callosum).

Almarhum Agung ternyata bukan satu-satunya yang pernah berjuang GBM. Dikutip dari Time, 2 senator asal Amerika yang sempat menjalin persahabatan juga mengalami penyakit serupa. Mereka ialah senator asal Arizona John McCain yang meninggal pada 2018 dan Edward Kennedy dari Massachusetts yang berpulang pada 2009.



McCain didiagnosa mengalami GBM pada 2017 dan berpulang 1 tahun lalu beberapa hari sehabis ulang tahun yang ke-82. Seperti McCain, Kennedy juga meninggal 1 tahun sehabis didiagnosa GBM pada usia 77 tahun. American Brain Tumor Association menyatakan angka impian hidup rata-rata pasien GBM ialah 14,6 bulan.

Sebagai tambahan, GBM juga sempat dialami Beau anak pria Wapres Amerika Serikat periode 2009-2017 Joe Biden. Beau berpulang pada 2015 atau 2 tahun sebelum kepergian McCain. Dalam upacara kepergian McCain, Biden sempat menawarkan kata sambutan sambil mengingat almarhum anaknya.

GBM yang memang berasal dari dalam otak ialah jenis kanker yang tidak gampang menyebar ke bab badan lainnya. Namun, jenis kanker ini tidak gampang diterapi alasannya sering saling tindih dengan jaringan otak lain yang sehat. Dikutip dari Mayo Clinic, kondisi ini menyulitkan operasi otak untuk menyingkirkan seluruh sel kanker. Hingga ketika ini, GBM kerap diterapi dengan kemoterapi atau radiasi untuk memperlambat pertumbuhan kanker meski tak sepenuhnya menyembuhkan penyakit.



Simak Video "Imunoterapi, Terobosan Pengobatan Baru untuk Penderita Kanker"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top