0 Comment
Tjokorda Gde Mahatma Putra Kerthyasa (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth) Tjokorda Gde Mahatma Putra Kerthyasa (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth)

Jakarta - Jarang tampil di media, abang ipar Happy Salma, Tjokorda Gde Mahatma Putra Kerthyasa merupakan seorang praktisi kesehatan holistic dan homeopath di Bali. Sang andal herbal itu kerap disapa Tjok Gde.

Tjok Gde mempunyai ketertarikan pada dunia herbal semenjak bertahun-tahun lalu, ketika ia masih mengurusi perjuangan perhotelan milik keluarganya. Sayangnya, ia dan juga para staf kerap mengalami sakit alasannya rujukan hidup yang tidak sehat.

Ia mulai mengubah makanannya menjadi organik, bahkan tertarik pada segala perkebunan organik. Tjok Gde pun mendalami wawasan mengenai jamu.

"Kebetulan saya dari keturunan penyembuh, ya kasarnya dukun lah. Tapi bila di bali kita bilang Balian, dari kakek, eyang, buyut. Mungkin di dalam darah sudah ada panggilan. Hidup saya mengarahkan saya," ungkapnya ketika ditemui di daerah Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019).

Setelah mendalami banyak sekali macam jenis kesehatan alami, Tjok Gde tetapkan untuk mengambil kuliah di Australia untuk mendalami naturopathy dan homeopathy.



Naturopathy merupakan sistem pengobatan dengan pendekatan holistik yang biasanya memakai modalitas nutrisi, olahraga, dan pengobatan herbal. Sementara homeopathy ialah sistem pengobatan alami dengan memakai unsur-unsur alam untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh.

"Kita memakai takaran yang sangat kecil untuk memicu badan itu menyembuhkan dirinya sendiri. Kaprikornus sangat sinergis dengan herbal juga," imbuh Tjok Gde.

Tjok Gde telah membuka praktik di Australia semenjak 13 tahun kemudian dan di Bali semenjak 10 tahun lalu. Pasien-pasiennya pun beragam, ada yang mempunyai keluhan pada pertumbuhan dan perkembangan anak, anak berkebutuhan khusus, penyakit autoimun, ketidakseimbangan hormon, fertilitas, dan bahkan ketidakseimbangan psikologis.

"Ada beberapa (pasien kanker). (Saya lakukan) homeopathy kadang juga herbal, saya supportive ia menjalani kemo atau operasi tapi saya support itu (herbal dan homeopathy -red) juga untuk mengurangi efek samping dari kemonya," lanjutnya.

Selain mempunyai klinik, laki-laki keturunan aristokrat ini juga mempunyai perusahaan teh di Australia. Karena menurutnya, teh mempunyai banyak khasiat, salah satunya menurunkan kolesterol dan sebagai alternatif kopi.

Tjok Gde menegaskan bahwa kehidupan yang paling baik ialah kehidupan yang kembali ke alam.



Simak Video "Imunoterapi, Terobosan Pengobatan Baru untuk Penderita Kanker"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top