0 Comment
Foto: Tim Infografis: Fuad HasimFoto: Tim Infografis: Fuad Hasim

Jakarta - Pernyataan perihal 'Yang honor kau siapa?' dari Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara viral di media sosial. Pernyataan itu lempar Rudiantara kepada salah satu pegawai negeri sipil (PNS) instansi yang dipimpinnya.

Rudiantara menyampaikan yang honor PNS yakni pemerintah, namun warganet mengkritik honor PNS dibayar masyarakat. Karena sumber penerimaan yang dijadikan anggaran berasal dari pajak.

Anggota Tim Sukses Prabowo-Sandi Drajad Wibowo menyampaikan bahwa sumber anggaran honor PNS ada yang berasal dari pajak sampai utang. Hal itu pun sesuai dengan legalisasi pihak Kementerian Keuangan.

"Apakah ada porsi utang dalam honor ASN? Jelas ada," kata Drajad ketika dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (1/2/2019).


Wakil Ketua Dewan Kerhormatan Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga menjelaskan pajak dan utang menjadi sumber dana honor PNS alasannya dalam APBN terdapat pos pembiayaan.

"Ini karena, APBN kita mengandung utang sebagai sumber pembiayaan. Tapi porsi pajak jauh lebih besar dari utang," ungkap dia.

Selain itu, Drajad juga menegaskan bahwa yang membayar honor PNS itu yakni masyarakat dan bukan pemerintah. Hal ini juga sudah sesuai konstitusi Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

Post a Comment

 
Top