0 Comment
Makanan imlek banyak yang enak-enak, hati-hati kolesterol nanjak. (Foto: Satria Nandha) Makanan imlek banyak yang enak-enak, hati-hati kolesterol nanjak. (Foto: Satria Nandha)

Jakarta - Beragam menu yummy tak mungkin dilewatkan dalam perayaan Tahun Baru China atau imlek. Bagi mereka yang punya riwayat kolesterol dan asam urat tinggi, ada baiknya berhati-hati.

Praktisi kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr Ari Fahrial Syam menyampaikan tugas media umum menciptakan tren masakan berkembang pesat. Berpesta dengan makanan yummy di banyak sekali restoran dikala imlek banyak jadi pilihan.

Namun dr Ari mengingatkan bahwa sea food yang tinggi purin dan kolesterol, juga makanan yang tinggi lemak dan gurih-asin alasannya tinggi garap, harus dibatasi. Terlebih bagi yang mempunyai riwayat gangguan kesehatan.

"Kita juga harus maklum bahwa obesitas dan penyakit kencing bagus menjadi seseorang berisiko tinggi untuk terkena kanker," kata dr Ari dalam pesan tertulisnya untuk wartawan, Selasa (5/2/2019).



Bagaimana caranya semoga tidak berlebihan? Masa iya harus dilewatkan perayaan yang cuma setahun sekali ibarat ini?

Nggak harus dihindari sama sekali sih. Menurut dr Ari, salah satu triknya yaitu dengan memperbanyak asupan sayur dan buah.

"Buah dan sayur mayur akan menciptakan lambung kita cepat penuh dan cenderung kita tidak akan menambah makan lagi," kata dr Ari.

Selain itu, kandungan serat dalam sayur dan buah juga sanggup memperlancar buang air besar (BAB). Asupan tinggi lemak dalam banyak sekali makanan yummy terkadang memicu konstipasi atau susah BAB, sehingga harus diimbangi dengan serat yang cukup.



Simak Juga 'Berbagai Ekspresi Unik Saat Coba Makanan Imlek':

[Gambas:Video 20detik]


Imlek Berlimpah Makanan Enak, Dokter Anjurkan Perbanyak Sayur dan Buah

Post a Comment

 
Top