0 Comment
Jumlah dan kualitas sperma memilih kesuburan (Foto: ilustrasi/thinkstock) Jumlah dan kualitas sperma memilih kesuburan (Foto: ilustrasi/thinkstock)

Jakarta - Ganja atau marijuana sekarang dikaitkan juga dengan kesuburan. Penelitian terbaru menyebut pria yang merokok ganja punya konsentrasi sperma lebih tinggi.

"Temuan tak diduga ini menyoroti betapa kecilnya pengetahuan kita perihal efek ganja bagi kesehatan reproduksi," kata Jorge Chavarro dari Harvard Chan School yang melaksanakan penelitian tersebut, dikutip dari Sciencedaily, Kamis (7/2/2019).

Chavarro dan timnya mempublikasikan temuan ini pada 5 Februari 2019 di jurnal Human Reproduction.

Awalnya, para peneliti menduga bahwa ganja akan memberi efek jelek bagi kualitas sperma. Namun banyak sekali penelitian yang pernah dilakukan umumnya memakai sampel pria yang terkait penyalahgunaan obat.



Dalam riset kali ini, para ilmuwan meneliti 1.143 sampel sperma dari 662 pria antara tahun 2000-2017, rata-rata berusia 36 tahun. Sebanyak 55 persen merokok ganja, 44 persen sudah berhenti dan 11 persen masih mengonsumsinya.

Namun para ilmuwan menunjukkan catatan bahwa ada sejumlah keterbatasan dalam penelitian ini. Mereka juga tidak dapat memastikan apakah karenanya relevan jikalau diterapkan untuk populasi umum.





Simak juga video 'Makan Kacang Bisa Genjot Produksi Sperma':

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top