0 Comment
Benarkah kombinasi durian dan kopi berbahaya bagi jantung? (Foto: Thinkstock) Benarkah kombinasi durian dan kopi berbahaya bagi jantung? (Foto: Thinkstock)

Jakarta - Sebuah kabar yang sempat viral di media umum menyebut seorang laki-laki tewas sehabis minum kopi dan makan durian. Hasil visum dari kepolisian setempat menjelaskan laki-laki berusia 26 tahun itu tewas alasannya yaitu serangan jantung akhir takaran kafein yang terlalu tinggi. Korban sebelumnya juga sempat bekerjasama intim dengan pacarnya.

Terkait kasus ini, dokter seorang jago jantung dan pembuluh darah Prof Budhi Setianto Purwowiyoto menjelaskan konsumsi kopi dan durian tidak eksklusif mengakibatkan serangan jantung. Bila korban tewas seketika patut dicurigai adanya penyakit penyerta yang telah diderita korban sebelumnya.

"Korban mungkin telah sakit sebelum makan durian dan minum kopi yang berujung kematian. Riwayat sakit inilah yang kemudian memicu serangan jantung, bukan serta merta dampak durian dan kopi," kata Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini pada Jumat (08/02/2019).



Budhi menyampaikan secara umum konsumsi durian dan kopi tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun hal ini bergantung pada kondisi kesehatan tiap orang. Untuk menekan risiko serangan, Budhi menyarankan memperhatikan debaran usai mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

"Jika sehabis makan atau minum asupan tertentu terasa berdebar-debar maka segera hentikan. Bila perlu jangan lagi mengonsumi atau kurangi frekuensi serta jumlah asupan demi kesehatan jantung. Selain itu, segera kontrol untuk memastikan dan mengetahui faktor risiko serangan jantung," kata Budhi.

Post a Comment

 
Top