0 Comment
Bisakah seseorang meninggal sebab mengonsumsi kopi dan durian bersamaan? (Foto ilustrasi: Andhika Akbaransyah) Bisakah seseorang meninggal sebab mengonsumsi kopi dan durian bersamaan? (Foto ilustrasi: Andhika Akbaransyah)

Jakarta - Di media umum beredar kabar ada seorang laki-laki berusia 26 tahun di Tondano, Sulawesi Utara, meninggal dunia sesudah minum kopi dan makan durian. Hasil visum kepolisian setempat menjelaskan dirinya meninggal sebab serangan jantung akhir takaran kafein yang terlalu tinggi.

Terkait hal tersebut kombinasi antara kopi dan durian tahun kemudian juga pernah menarik perhatian warga Malaysia. Alasannya sebab dikabarkan ada lima orang harus dilarikan ke rumah sakit sesudah mengonsumsi salah satu merek kopi durian kemasan.



Kelima pasien ini mengeluhkan tanda-tanda yang sama ialah merasa lelah, lemas dan pusing. Video beredar di media umum mengatakan dua korban sempat kehilangan kesadaran sesudah minum kopi durian.

Investigasi yang dilakukan polisi ternyata menemukan bila produk kopi durian yang dikonsumsi para korban didapatkan dari orang lain. Hasil laboratorium melihat senyawa menyerupai narkotika dalam kandungan kopi.

"Tes sampel lebih jauh menemukan bila paket kopi sudah pernah dibuka kemudian dikemas kembali. Paket yang sudah dikemas kembali 10 gram lebih berat dari berat aslinya," kata Deputi Direktur Departemen Investigasi Kejahatan Narkotik Bukit Aman, Kang Chez, menyerupai dikutip dari Strait Times pada Jumat (8/2/2019).

Dokter seorang jago jantung dan pembuluh darah Prof Budhi Setianto Purwowiyoto menjelaskan bahwa kombinasi antara kopi dan durian bersama-sama tidak pribadi berbahaya untuk kesehatan. Bila ada orang yang mengalami keluhan usia mengonsumsinya kemungkinan ia sudah mempunyai penyakit penyerta.

Post a Comment

 
Top