0 Comment
Foto: shutterstock Foto: shutterstock

Jakarta - Ternyata ada 2 jenis batuk yang paling sering diderita ketika isu terkini hujan, yakni batuk kering dan batuk berdahak. Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi menyampaikan batuk berdahak disebut juga batuk produktif, yaitu kalau batuk terjadi akhir adanya rangsangan dari dahak, reak, atau lendir dalam susukan napas.

"Sedangkan batuk kering yang disebut juga dengan batuk non produktif ialah kalau batuk terjadi bukan alasannya ialah adanya dahak, reak, atau lendir dalam susukan napas," ungkapnya kepada detikHealth, Sabtu (9/2/2019).


Menurut dr. Helmi di momen pergantian isu terkini atau isu terkini pancaroba, kedua batuk tersebut memang kerap diderita alasannya ialah badan dihadapkan pada kondisi yang sangat dinamis tapi badan harus selalu beradaptasi. Jika badan gagal menyesuaikan diri dengan cepat maka akan menjadikan banyak sekali gangguan kesehatan, termasuk batuk.

"Batuk sanggup menciptakan seseorang mengalami gangguan makan dan istirahat. Hal ini akan mengganggu daya tahan tubuh," sambung dr. Helmin.


Di antara kedua batuk tersebut, batuk berdahak merupakan batuk yang lebih mengganggu alasannya ialah adanya lendir atau dahak di susukan pernapasan yang menjadikan refleks batuk. Dahak tersebut, kata dr. Helmin, harus dikeluarkan dari susukan pernapasan untuk melonggarkan susukan napas. Jika dahak sudah dibersihkan dari susukan napas, refleks batuk pun akan berhenti.

"Untuk mencegah batuk, hindari penggagas batuk. Namun kalau sudah terkena batuk, minum obat batuk merupakan salah satu cara untuk meredakan dengan cepat. Dengan pengobatan yang sempurna sesuai jenis batuk, maka batuk akan sanggup mereda lebih cepat. Untuk batuk berdahak, sebaiknya minum obat batuk yang mengandung penghancur dan pengencer dahak sehingga lebih gampang untuk dikeluarkan," terperinci dr. Helmin.

Salah satu obat pereda batuk berdahak yang sempurna untuk dikonsumsi ialah Woods' Herbal Cough Syrup yang mengandung materi alami 3DM (daun ivy, daun meniran, daun mint dan madu). Obat batuk ini sanggup meredakan batuk berdahak tanpa menimbulkan kantuk, tidak mengandung alkohol, dan sanggup menjaga daya tahan badan ketika batuk.

Post a Comment

 
Top