0 Comment
Makanan yang paling murah dan sehat yakni buah dan sayuran. ()Foto: Thinkstock) Makanan yang paling murah dan sehat yakni buah dan sayuran. ()Foto: Thinkstock)

Jakarta - Data dari Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2018 mengatakan 95,5 persen masyarakat Indonesia sangat kurang makan sayur dan buah. Mengalami peningkatan dari tahun 2013 dengan prevalensi 93,5 persen.

"Saat ini kita harus menambah konsumsi makan buah. Makanan yang paling murah dan sehat yakni buah dan sayuran," kata Prof Ir Ahmad Sulaeman, MS, PhD, Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi, Fakultas Ekologi Institut Pertanian Bogor (IPB), ketika ditemui detikHealth, Kamis (24/1), di Sentul, Bogor.



Sangat disayangkan memang, alasannya yakni Indonesia sangat kaya dengan banyak sekali jenis buah dengan kandungan nutrisinya masing-masing. Karena alasannya yakni ini, orang Indonesia nggak mungkin overdosis buah.

Prof Ahmad menambahkan, faktor lain yang menimbulkan masyarakat Indonesia tidak overdosis buah ialah kebanyakan buah 'khas' dari tanah air hanya berisi serat dan air.

"Serat kan isinya air doang, jadi menyerupai minum air aja. Buah-buahan indonesia, 80-85 persen yakni serat, jadi nggak akan ada efek kelebihan makan buah," terangnya.



Simak Juga 'Dampak Malas Makan Sayur dan Buah':

[Gambas:Video 20detik]


Konsumsi Buah RI Masih Rendah, Mustahil Overdosis Buah

Post a Comment

 
Top