0 Comment
Hati-hati bila kau memakai tusuk gigi. (Foto: thinkstock) Hati-hati bila kau memakai tusuk gigi. (Foto: thinkstock)

Jakarta - Seorang berilmu balig cukup akal 18 tahun dilaporkan dalam The New England Journal of Medicine mengalami kasus tidak biasa melibatkan tusuk gigi. Benda yang biasa digunakan untuk membersihkan gigi itu merusak tubuhnya menimbulkan pendarahan serius dikala tidak sengaja tertelan.

Semua bermula dikala sang berilmu balig cukup akal yang terdaftar sebagai atlet profesional berkunjung ke tempat tenggara Amerika Serikat (AS). Di tengah perjalanan ia mengeluh sakit perut, demam, dan diare mahir sampai harus dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD).



Namun dokter tidak menemukan apa-apa sehabis cek darah dan CT scan sehingga sang berilmu balig cukup akal dikembalikan ke hotelnya. Kondisi yang sempat membaik kembali parah dikala dua ahad lalu dirinya pergi ke tempat barat AS.

Kali ini sang berilmu balig cukup akal mengeluh nyeri pinggang, demam, dan buang air besar berdarah tak berhenti. Analisa laboratorium menemukan bila ia mengalami nanah kuman di darah.

"Kultur darah yang telah diambil 11 jam sebelumnya mengungkapkan Klebsiella pneumoniae dan gram positif cocci. Tes diagnostik dilakukan," tulis dokter dalam jurnal menyerupai dikutip pada Jumat (1/2/2019).

Dokter di Massachusetts General Hospital terkejut dikala akibatnya menemukan sebatang tusuk gigi berukuran lima sentimeter menancap di dinding usus. Ketika dicabut ternyata tusuk gigi dalam kondisi sudah menembus arteri sehingga sang berilmu balig cukup akal mengalami perdarahan berbahaya. Beruntung dokter masih dapat menyelamatkan nyawanya dengan operasi darurat.

Tusuk gigi kayu memang dikenal cukup berbahaya dikala tertelan alasannya 80 persen orang yang pernah melakukannya dapat mengalami luka sobek di usus. Menurut peneliti Jerman sekitar 10 persen bahkan meninggal alasannya komplikasi.

Pada kasus sang berilmu balig cukup akal sehabis terapi selama beberapa bulan dirinya dapat pulih dan kembali bertanding.

Post a Comment

 
Top