0 Comment
Foto: The Sungkar FamilyFoto: The Sungkar Family

Jakarta - Shireen Sungkar termasuk artis yang hobi masak. Baru-baru ini ia unjuk talenta menciptakan roti sobek empuk dengan isian meisjes cokelat.

Lewat YouTube The Sungkar Family, Shireen mengunggah video berjudul "Bikin Roti Sobek Kesukaan Adam Hawwa". Video yang diunggah pada 17 Desember 2019 ini sudah ditonton lebih dari 103.000 kali ketika isu ini ditulis. Shireen terlihat terampil ketika beraksi di dapur.

"Hari ini saya mau bikin roti sobek ala Mami Shireen," kata ibu 3 anak ini di awal video. Ia pribadi menyampaikan bahan-bahan pembuatan roti. Nampak telur, ragi, susu bubuk, gula pasir, garam, meisjes terigu, cooking cream, air, unsalted butter, dan bread improver yang digunakan Shireen.
Unjuk Bakat di Dapur, Shireen Sungkar Bikin Roti Sobek Cokelat EmpukFoto: The Sungkar Family

Video masak ini fokus menunjukkan langkah-langkah pembuatan roti dengan backsound bunyi Shireen menjelaskan. "Masukkin ragi, tepung terigu rendah protein, baking powder, susu bubuk. Nanti kita mikser sampe powdernya teraduk rata," tutur Shireen.

Proses ini berlanjut dengan memasukkan telur, air, dan cooking cream ke dalam mikser. Pesinetron ini mengatakan, "Kita tunggu hingga ia rata. Kita ulenin hingga setengah kalis. Baru kita masukin garam, sama terakhir unsalted butter."

Unjuk Bakat di Dapur, Shireen Sungkar Bikin Roti Sobek Cokelat EmpukFoto: The Sungkar Family

Setelah itu Shireen sigap menguleni gabungan roti. "Ulenin hingga kalis banget. Dibuletin-buletin supaya atasnya rata," tutur Shireen. Adonan ini selanjutnya dimasukkan ke mangkuk besar. Istri Teuku Wisnu ini melanjutkan, "Kita resting (diistirahatkan) hingga ukuran gabungan dua kali lipat. Sekitar 30 menit."

Adonan roti yang sudah mengembang ini lalu dipipihkan dengan rolling pin untuk mengeluarkan gelembung udah di dalamnya. "Sekarang mau saya timbang, masing-masing 50 gram. Dibulet-buletin," katanya. Kemudian ia memakai rolling pin lagi untuk meratakan adonan.

Unjuk Bakat di Dapur, Shireen Sungkar Bikin Roti Sobek Cokelat EmpukFoto: The Sungkar Family

"Tambah isian, bila saya pakai meisjes. Ujungnya saya jepit supaya ketika dipanggang itu nggak keluar cokelatnya," kata Shireen. Ia memberi tips biar pinggiran loyang untuk memanggang dikasih mentega.

Setelah itu, susun gabungan bundar di loyang persegi dengan perekat mentega di antaranya. "Tutup, resting lagi hingga ngembang," kata Shireen. Agar lebih enak, ia memberi topping parutan keju pada roti. Terakhir, roti dipanggang sekitar 13 menit dalam suhu 140 C.

Unjuk Bakat di Dapur, Shireen Sungkar Bikin Roti Sobek Cokelat EmpukFoto: The Sungkar Family

Hasilnya roti sobek Shireen terlihat empuk dengan lelehan meisjes cokelat di dalamnya. Soal cita rasa, anak Shireen adalah Adam dan Hawwa begitu menyukainya. Wah, tipsnya dapat dicontek nih!





Simak Video "Pizza Selada Laut, Hidangan Sehat dan Antimainstream"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top