0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Sawi putih yaitu salah satu sayuran terpopuler dalam kuliner Asia. Jenis sawi ini gampang diolah menjadi ragam hidangan. Teksturnya terkenal renyah enak!

Dilansir dari South China Morning Post (05/12), sawi putih yaitu salah satu sayuran yang paling dikenal di Asia. Anda sanggup menemukannya di aneka macam negara Asia menyerupai Korea Selatan, Thailand, China, termasuk Indonesia.

Hidangan kimchi yang terkenal dari Korea Selatan merupakan sajian yang memakai sawi putih sebagai materi dasarnya. Sawi putih tersebut difermentasi memakai air garam dan pasta cabe khas Korea, kemudian diberikan kepingan daun bawang. Kimchi mempunyai rasa yang asam dan selalu ada dalam setiap sajian Korea Selatan.
Sawi Putih, Sayuran Renyah Segar Perlambang Keberuntungan di ChinaFoto: iStock

Untuk di Thailand, sawi putih diolah menjadi sajian Thai Larb. Hidangan ini berbahan dasar daging yang ditempatkan di atas sawi putih. Sementara di Indonesia sawi putih dijadikan gabungan dalam cap cay, sup atau ditumis dengan cabe dan ebi.

Baca Juga: Tumis Sawi Putih, Masakan Mudah yang Bisa Dimasak Siapa Saja

Menurut sejarah sawi putih pertama kali masuk ke Korea pada masa ke-13. Menyusul masuk ke Asia Tenggara pada masa ke-15 dan alhasil ada di Jepang pada masa ke-19.
Sawi Putih, Sayuran Renyah Segar Perlambang Keberuntungan di ChinaFoto: iStock

Di China, sayuran ini sanggup tumbuh di seluruh negeri, namun paling banyak tumbuh di Provinsi Timur Laut Cina alasannya yaitu mempunyai cuaca yang dingin. Cuaca cuek ini sanggup menghipnotis pertumbuhan sawi putih alasannya yaitu akan menghasilkan sayuran yang besar dan rasanya manis.

Di China ada sajian sawi putih yang menyerupai dengan kimchi yaitu suancai. Hanya saja, pada suancai tidak memakai gabungan pasta cabe melainkan hanya garam saja. Penyajiannya, suancai tersebut dipotong-potong kecil dan dipakai untuk menyeimbangkan sajian yang berlemak.

Baca Juga: 3 Langkah Bikin Nasi Goreng Sawi yang Sedap Buat Sarapan

Populernya sawi putih di China Utara bahkan hingga dibuatkan monumen dengan patung sawi putih setinggi 21 meter pada tahun 2018. Dalam bahasa China, sawi putih ini mempunyai arti 'seratus kekayaan' dan menimbulkan sawi putih ini sebagai keberuntungan untuk negara China. Pada masa ke-19, sawi putih ini diabadikan sebagai patung kerikil giok yang dihadiahkan untuk seorang putri dari Dinasti Qing.

Selain itu sayuran yang renyah ini banyak mengandung air dan rendah kalori. Tiap 100 gram sawi putih mengandung 13 kalori. Selain itu sayuran yang murah ini juga mengandung sejumlah nutrisi penting. Seperti karbohidrat, serat, protein, dan aneka macam vitamin serta mineral penting. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam sawi putih yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, C, E, K, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, zinc, dan natrium.




Simak Video "Pizza Selada Laut, Hidangan Sehat dan Antimainstream"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top