0 Comment
Foto: BrightsideFoto: Brightside

Jakarta - Panduan makan dengan ukuran tangan ini sanggup jadi alternatif gampang menghitung kecukupan asupan makanan. Anda pun terhindar dari makan berlebih.

Memperkirakan jumlah asupan makanan untuk tubuh bukan perkara mudah. Namun semua ini sanggup diatasi dengan mengikuti ukuran tangan Anda sendiri. Panduan makan dengan ukuran tangan ini bahkan sudah terkenal di kalangan pencinta hidup sehat.

Konsep dasarnya, untuk laki-laki direkomendasikan jumlah kuliner yang disantap tidak lebih dari ukuran 2 telapak tangan. Sementara untuk perempuan disarankan 1 telapak tangan saja. Informasi lengkapnya dirangkum Brightside (19/12) menyerupai berikut.


1. Protein

Panduan Makan dengan Ukuran Tangan yang Praktis DiikutiFoto: Brightside

Cara gampang mengukur asupan protein ideal yaitu seukuran telapak tangan Anda, tanpa jari-jari yang menyertai. Sumber protein memang sehat, namun juga tidak baik kalau dikonsumsi terlalu banyak. Beberapa sumber protein terkenal yaitu dada ayam, ikan, telur, dan yogurt.

Khusus keju yang juga merupakan sumber protein, ada hukum tersendiri. Makan keju sebaiknya sebanyak ukuran 2 jari (telunjuk dan jari tengah) yang digabung jadi satu.

2. Karbohidrat

Panduan Makan dengan Ukuran Tangan yang Praktis DiikutiFoto: Brightside

Untuk karbohidrat, perhatikan kepalan tangan Anda. Jumlah inilah yang ideal untuk mengasup karbohidrat. Sumber karbohidrat yang sanggup dikonsumsi yaitu roti, sereal, nasi putih, dan kentang. Membatasi asupan karbohidrat sanggup menciptakan Anda menerima cukup energi, tapi tidak menambah berat badan.

Untuk pria, dua kepalan tangan digabungkan yaitu jumlah tawaran makan pasta. Sementara untuk wanita, sebaiknya hanya satu kepalan tangan saja.

3. Lemak

Panduan Makan dengan Ukuran Tangan yang Praktis DiikutiFoto: Brightside

Lemak tergolong zat gizi yang sebaiknya tidak banyak dikonsumsi. Untuk asupan lemak pelengkap menyerupai minyak atau mentega, jumlah yang disarankan sangat sedikit.

Cukup perhatikan satu ruas telunjuk Anda. Jumlah inilah yang disarankan untuk konsumsi lemak setiap hari.

4. Buah dan sayur

Panduan Makan dengan Ukuran Tangan yang Praktis DiikutiFoto: Brightside

Jika ingin tubuh sehat, konsumsi buah dan sayur yang banyak memang direkomendasikan. Jumlahnya paling banyak diantara zat gizi lain yaitu 2 genggaman tangan untuk laki-laki dan 1 untuk wanita.

Bentuk buah dan sayur sanggup bermacam-macam menyerupai segar, beku, atau irisan. Untuk smoothies dan jus buah sayur, disarankan mengonsumsi 150 ml saja per hari. Sebab minuman ini sudah mengandung banyak gula.

5. Makanan manis

Panduan Makan dengan Ukuran Tangan yang Praktis DiikutiFoto: Brightside

Bagaimana dengan makanan manis? Ternyata hanya seujung jempol saja jumlah yang disarankan untuk melahap permen, cokelat, selai, atau selai kacang penuh gula. Hal ini demi menjaga kesehatan tubuh Anda.

Sedangkan untuk dessert lain menyerupai es krim, cake, atau tart, jumlahnya boleh sedikit lebih banyak. Yaitu sekepal tangan Anda.



Simak Video "Pizza Selada Laut, Hidangan Sehat dan Antimainstream"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top