0 Comment
Foto: IstockFoto: Istock

Jakarta - Makanan untuk detoks tubuh ini dapat jadi pilihan ketika kau merasa begah. Sebab sering kali ketika malam pergantian tahun, kau mengasup terlalu banyak makanan.

Pesta tahun gres selalu berlangsung meriah, namun urusan perut kerap kali menciptakan kau begah, penuh, atau kekenyangan di pagi harinya. Tak heran alasannya sajian ketika pesta BBQ memang menggugah semuanya. Mulai dari daging panggang, ayam panggang, hingga aneka karbohidrat menyerupai kentang dan nasi.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mendetoks tubuh dengan konsumsi kuliner bernutrisi dan kaya serat. Makanan untuk detoks tubuh ini direkomendasikan VegKitchen (30/12). Semuanya berbahan sayur dan buah yang menyehatkan.

1. Smoothies hijau

Kalap Makan Daging? 5 Makanan untuk Detoks Tubuh Ini Bisa DicobaFoto: iStock

Smoothies hijau atau green smoothies yakni kuliner untuk detoks tubuh paling populer. Selain 'membersihkan' tubuh, smoothies hijau punya banyak manfaat menyerupai menghidrasi, menciptakan tubuh berenergi, melancarkan sistem pencernaan, hingga menyehatkan kulit.

Untuk membuatnya, pilih bermacam-macam sayuran hijau menyerupai bayam, selada, arugula, sawi, pakcoy, dan lainnya. Haluskan sayuran hijau tersebut dalam blender. Bisa ditambah perasa alami menyerupai lemon atau daun mint. Kalau suka, tambahkan biji-bijian menyerupai chia seed supaya lebih mengenyangkan.

2. Jus segar

Kalap Makan Daging? 5 Makanan untuk Detoks Tubuh Ini Bisa DicobaFoto: iStock

Cara gampang lain untuk mendetoks tubuh yakni dengan minum jus segar. Pastikan menentukan jus alami, tanpa aksesori buatan atau tambahan gula. Bisa pilih cold-pressed juice untuk memastikan nutrisi buah atau sayur masih terjaga.

Pilih yang diracik dari sayuran hijau. Rasanya makin yummy dengan tambahan air lemon atau jahe. Paduan bahan-bahan tersebut ampuh untuk melancarkan pencernaan. Kalau buat sendiri, pastikan komposisi sayur lebih banyak daripada buah atau materi lainnya.

3. Sari cuka apel

Kalap Makan Daging? 5 Makanan untuk Detoks Tubuh Ini Bisa DicobaFoto: thinkstock

Makanan untuk detoks tubuh selanjutnya yakni sari cuka apel atau apple cider vinegar (ACV). Sejak dulu ACV dikenal dengan manfaat sehatkan pencernaan, kurangi duduk masalah kembung, hingga asam lambung. ACV juga digunakan beberapa orang untuk menurunkan berat badan.

ACV sendiri berasal dari fermentas apel. Kandungannya asam asetat, asam gallic, katekin, dan lainnya. Pilih ACV yang organik tanpa bahan-bahan tambahan. Untuk mengonsumsinya, sesendok sari cuka apel dapat dicampur 10 sendok makan air putih. Konsumsi 1-2 sendok sari cuka apel setiap harinya.

4. Salad

Kalap Makan Daging? 5 Makanan untuk Detoks Tubuh Ini Bisa DicobaFoto: iStock

Salad juga jadi kuliner enak, bernutrisi, dan mengenyangkan untuk mendetoks tubuh. Hanya saja pastikan menentukan salad tanpa dressing tinggi kalori. Sebaiknya, racik salad dari sayuran hijau sebagai materi utamanya.

Bahan lainnya dapat dikreasikan sesuai selera. Misalnya pakai mix lettuce, tomat, wortel dan paprika. Atau tambahkan juga mentimun, buah bit, apel, dan jeruk. Kalau tak mau repot bikin, sekarang tersedia banyak salad kemasan di supermarket.

5. Sayuran hijau

Kalap Makan Daging? 5 Makanan untuk Detoks Tubuh Ini Bisa DicobaFoto: iStock

Kunci untuk mendetoks tubuh ialah konsumsi banyak sayuran hijau. Pilih jenis sayuran yang sesuai selera Anda. Ada bayam, kale, selederi, bok choy, sawi, selada, dan banyak lainnya. Sayuran hijau merupakan kelompok sayuran paling bernutrisi.

Sayuran hijau tinggi vitamin khususnya vitamin A, B, dan K. Plus antioksidan dan klorofil yang bersifat sebagai pencegah kanker. Sayuran hijau juga merupakan kuliner antiinflamasi. Selalu usahakan konsumsi sayuran hijau setiap hari, terutama jikalau Anda sedang ingin mendetoks tubuh usai makan banyak di tahun baru.



Simak Video "Resep Udang Bakar Enak Anti Ribet"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top