0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Sekali-sekali bikin sarapan spesial. Nasi goreng dengan bumbu minimalis Jepang ini rasanya pulen, gurih dan lezat dimakan hangat bersama telur. Yuk, bikin!

Nasi goreng juga digemari masyarakat Jepang. Seperti di Indonesia biasanya nasi goreng dibentuk untuk memanfaatkan nasi yang tersisa dan sedikit sayuran dan materi lainnya. Tetapi nasi goreng juga biasa disajikan di restoran teppanyaki yang dibentuk eksklusif di depan tamu. Berbumbu minimalis dengan paduan daun bawang dan bawang putih.

Nasi goreng disebut sebagai 'chahan' atau 'yakimeshi'. Paduan isinya selain daun bawang dan telur biasa ditambahkan udang cincang atau daging cincang dan cincangan wortel serta buncis dan jamur.

Jika ingin meracik sendiri, caranya juga tidak sulit. Kamu dapat memanfaatkan udang cincang atau ayam cincang dan sayuran cincang sebagai isiannya. Selanjutnya, ikuti saja langkah gampang berikut ini.

1. Nasi dan materi lain

Untuk 2 porsi nasi goreng Jepang, siapkan 2 piring nasi, lebih lezat jenis nasi pulen yang dimasak tidak terlalu lembek. Jika dalam keadaan kering, aduk-aduk sampai butiran nasi terpisah.

Selanjutnya siapkan 1 siung bawang putih besar yang dicincang halus, 20 g bawang bombay cincang, 150 g daging sapi/ayam/udang cincang, 1 butir telur ayam, 1 sdm wortel cincang dan 1 sdm buncis iris bergairah serta 1 batang daun bawang yang diiris kasar. Sebagai bumbunya siapkan 1 sdm kecap Jepang/soya sauce, 1 sdm saus tiram, 1/2 sdt merica bubuk dan 1/2 sdt garam.

Selamat Pagi! Ayo, Sarapan Yakimeshi yang Pulen Gurih Ini!Foto: iStock


2. Masak nasi

Panaskan 2 sdm minyak sayur, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu. Masukkan daging/ayam/udang dan aduk cepat sampai berubah warna. Tambahkan sayuran, aduk cepat sampai layu.

Kemudian tambahkan nasi, soya sauce, garam dan merica. Aduk-aduk sampai tercampur rata kemudian sisihkan di sisi wajan. Kocok telur kemudian tuangkan ke sisi wajan, aduk sampai bergumpal kemudian aduk bersama nasi dan sayuran. Aduk cepat sampai agak kering kemudian angkat.

Selamat Pagi! Ayo, Sarapan Yakimeshi yang Pulen Gurih Ini!Foto: iStock


3. Sajikan nasi goreng

Sajikan nasi goreng dengan taburan daun bawang yang diiris kasar. Bisa ditambah telur dadar basah, jikalau suka. Pelengkap lain menyerupai sambal, kerupuk atau acar dapat disajikan.

Simak Video "Andriyanto, 'Tukang Nasi Goreng' Asal Sragen yang Berjuang di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top