0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Nasi goreng yang satu ini rasanya gurih segar alasannya yakni menggunakan daun jeruk. Ditambah lagi dengan topping ikan pindang yang gurih dan kaya nutrisi. Ayo, sarapan!

Nasi goreng paling mudah dibentuk dan kaya variasi. Apapun yang tersisa di lemari es dan dapur dapat diolah jadi nasi goreng sedap. Kalau bosan dengan nasi goreng dengan paduan cabe merah, dapat dicoba nasi goreng berbumbu daun jeruk ini.

Sementara untuk lauknya dapat digunakan ikan goreng atau ikan pindang. Ikan pindang goreng yang tersisa dapat diolah jadi paduan nasi goreng. Atau ikan selar atau ikan kembung goreng juga dapat digunakan sebagai adonan nasi goreng. Ikan yang kaya akan asam lemak omega3 dan protein dapat jadi asupan yang menyehatkan.



Untuk menciptakan nasi goreng ikan pindang ini ikuti saja beberapa langkah praktisnya berikut ini.

1. Siapkan ikan

Selain ikan pindang dapat digunakan ikan segar. Goreng ikan sampai matang dan kering. Untuk ikan pindang sebaiknya buang kepla dan isi perutnya. Goreng jangan terlalu kering alasannya yakni dagingnya akan alot atau keras.

Tiriskan ikan, buang tulang dan durinya dan suwir agresif dagingnya. Jika suka sebagian daging ikan dapat disuwir halus untuk dicampurkan dalam nasi goreng. Sisihkan bab yang utuh sebagai toppingnya.

Nasi Goreng Ikan Pindang yang Gurih Sedap Buat SarapanFoto: iStock


2. Bumbu

Siapkan 2 piring nasi untuk menciptakan nasi goreng ini. Untuk bumbunya, haluskan 2 siung bawang putih dan 1 lembar daun jeruk purut, 1/2 sdt terasi udang serta 1 sdt garam. Bahan lainnya yang perlu disiapkan, 3 buah cabe rawit merah yang diiris halus, dan 1 daun jeruk purut yang diiris halus.

Nasi Goreng Ikan Pindang yang Gurih Sedap Buat SarapanFoto: iStock


3. Masak nasi

Panaskan 2 sdm minyak sayur, tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Tambahkan 2 sdm suwiran daging ikan pindang, irisan cabe rawit dan irisan halus daun jeruk, aduk rata. Masukkan nasi putih, aduk-aduk sampai tercampur rata.

Angkat nasi goreng, sajikan dengan ikan pindang goreng sebagai toppingnya. Nasi goreng ini yummy dimakan dengan mentimun dan selada sebagai perhiasan yang menyegarkan.



Simak Video "Andriyanto, 'Tukang Nasi Goreng' Asal Sragen yang Berjuang di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top