0 Comment
7 Makanan Khas Purwokerto yang Sayang Dilewatkan/Foto: Istimewa7 Makanan Khas Purwokerto yang Sayang Dilewatkan/Foto: Istimewa

Jakarta - Purwokerto dikenal mempunyai bermacam-macam masakan yang lezat. Nah, ada makanan khas Purwokerto yang wajib kau coba. Apa saja?

Purwokerto merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Berkunjung ke kota ini beramai-ramai merupakan waktu yang pas untuk menikmati masakan Purwokerto. Dari sarapan sampai makan malam ada bermacam-macam jajanan yang dapat dinikmati di Purwokerto.



Bukan hanya tempe keripik yang gurih dan renyah khas Purikerto, ada banyak masakan khas Purwokerto yang dapat kau nikmati aku melintas atau ada di kota yang selalu ramai ini. Berikut ini beberapa masakan khas Purwokerto yang wajib dicicipi alasannya keunikannya.

1. Soto Sokaraja

Makanan yang harus dicoba di Purwokerto yaitu soto Sokaraja Purwokerto. Soto ini diracik dengan suwiran daging ayam atau daging sapi. Kaldunya bening dengan paduan tauge dan suun. Yang unik soto ini disajikan dengan sambal kacang dan kerupuk kanji merah sebagai taburan. Enak dimakan hangat dengan lontong atau ketupat. Banyak penjual masakan khas Purwokerto yang biasa dinikmati pagi sampai siang hari ini.

2. Tempe Mendoan

Siapa yang tak tahu dengan tempe mendoan? Makanan yang dapat terkenal di banyak sekali kota di pulau Jawa ini ternyata masakan khas Purwokerto. Tempenya ripis lebar yang dibentuk khusus untuk tempe mendoan. Sesuai dengan namanya 'mendo' artinya setengah matang. Disajikan hangat dengan sambal kecap manis. Karena harganya murah, masakan khas Purwokerto ini gampang ditemui di jalan-jalan Purwokerto.

3. Bakmi Nyemek

Disebut dengan bakmi nyemek alasannya kuah bakmi becek atau tak terlalu banyak. Bakmi disajikan dengan telur, kepingan bakso, kol, tomat, daging ayam, rempela, dan hati ayam. Sekilas seolah-olah dengan bakmi godok khas Jawa. Banyak penjual yang masih menggunakan api arang dan kayu untuk memasak bakmi ini.

4. Tegean

Bila berkesempatan menikmati masakan di rumah makan tradisional di Purwokerto, coba nikmati Tegean. Makanan ini merupakan sup sayur kuah bening dengan bayam, daun katuk, kecambah, kedelai hitam, wortel, dan jagung. Nasi disiram sup sayuran ini enak dimakan hangat, dikenal sebagai nasi sup atau sego sop.



5. Buntil

Makanan khas Purwokerto lainnya yaitu Buntil. Dibuat dari kelapa muda yang diparut dan diberi bumbu yang gurih pedas. Kemudian dibungkus dengan daun talas atau daun singkong dan dikukus sampai lembut. Rasanya pedas gurih dan bikin nagih.

6. Kraca

Kraca yaitu masakan unik khas Purwokerto. Kalau di Semarang keong sawah diolah jadi sate keong maka di Purwokerto diolah dengan kuah gurih. Daging kenyal keong direndam kuah yang gurih enak.

7. Kluban

Makanan khas Purwokerto terakhir yaitu Kluban. Kalau di beberapa kawasan dikenal dengan sebutan urap sayuran. Jenis sayuran yang dipilih dapat sesuai selera. Daun bayam, daun kangkung, daun kenikir, tauge, kacang panjang dan lainnya. Diaduk dengan kelapa parut setengah bau tanah yang diberi bumbu cabai. Disajikan segar dan gurih.

Simak Video "Pizza Selada Laut, Hidangan Sehat dan Antimainstream"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top