0 Comment
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcomFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Solo - Kota Solo mempunyai aneka macam macam variasi Racikan soto Jawa. Salah satunya sanggup dinikmati di Warung Soto Kirana, Jalan Moh Yamin, Serengan, Solo.

Warung soto ini merupakan langganan pengusaha dan politisi Sandiaga Uno. Saat berkunjung ke Solo, Sandi kerap mampir makan di warung milik Siti Kirana ini.

Soto ini tidak jauh berbeda dengan soto lainnya. Berkuah sedikit keruh kekuningan. Isinya antara lain nasi, daging ayam atau sapi, serta tauge. Yang berbeda dari Soto Kirana yakni taburan bawang putih goreng.

"Dulu sanggup masukan dari pelanggan pakai bawang putih goreng, balasannya aku pakai hingga sekarang. Dulu kan bawang putih mahal, tidak ada yang berani," kata pemiliknya, Siti Kirana kepada detikFood, Sabtu (30/11/2019).


Ditaburi Bawang Putih Goreng, Ini Soto Kirana Solo Favorit Sandiaga UnoFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom


Siti semenjak kecil memang sudah terbiasa membantu orang tuanya berjualan soto di warung kaki lima. Ayahnya dahulu terkena PHK dari tempat kerjanya di sebuah perusahaan bus.

Akhirnya orang bau tanah Siti membuka warung di Jalan Honggowongso pada tahun 1982. Sejak awal, warung tersebut sudah menggunakan nama Soto Kirana.

Ditaburi Bawang Putih Goreng, Ini Soto Kirana Solo Favorit Sandiaga UnoFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom


"Saya kan anak pertama, makanya warung pertama bapak ibu aku pakai nama saya. Awalnya cuma dua meja, pindah ke tempat kini tahun 2007, alhamdulillah jadi 13 meja," ujar Siti.

Dengan lokasi yang cukup luas, Soto Kirana tetap mempertahankan konsep Jawa, namun tetap modern. Tempat duduknya tetap menggunakan bangku panjang kayu panjang sehingga sanggup menyebarkan dengan sesama pengunjung. Dindingnya didesain masih memperlihatkan kerikil bata atau 'unfinished'.

Ditaburi Bawang Putih Goreng, Ini Soto Kirana Solo Favorit Sandiaga UnoFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom


Satu porsi soto daging dihargai Rp 14.000, sedangkan soto ayam Rp 12.000. Selain soto, terdapat beberapa jenis masakan Jawa, menyerupai tumpang, pecel, asem-asem kikil, sambel goreng tholo hingga sayur lombok ijo.

Menikmati soto di sini tak beda dengan soto di tempat Jawa lainnya. Nasi putih sanggup dipisah atau dicampur eksklusif dengan soto. Meski kuahnya gurih kaldu kuat, tetap lezat ditambah sambal rawit, kucuran air jeruk nipis dan sedikit kecap manis. Makin mantap disuap dengan lauk saneka sate, perkedel, tempe dan tahu goreng plus kerupuk.



Simak Video "Pizza Selada Laut, Hidangan Sehat dan Antimainstream"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top