0 Comment
Foto: Dok. Transpark JuandaFoto: Dok. Transpark Juanda

Jakarta - Ketika pengecap sudah pernah mengecap lezatnya sebuah makanan, maka pikiran tak akan pernah sudi melupakannya hingga kapan pun. Itulah mengapa banyak sekali jenis masakan legendaris dapat dengan gampang menciptakan 'terjebak nostalgia'.

Apalagi bila bermacam-macam masakan legendaris tersebut masih dapat dinikmati ketika ini. Inilah beberapa masakan legendaris yang lahir puluhan tahun kemudian dan masih eksis hingga kini. Hebatnya lagi, kualitas rasanya tetap bertahan!

Soto H. Darwasa-Roxy, Jakarta Pusat

Ini bukan soto betawi biasa. Sudah ada semenjak 1948 dan hingga kini masih diburu para penikmat masakan berkat kelezatannya memang tiada tara. Bedanya dengan soto betawi lain ialah sensasi crispy dari isian sotonya alasannya digoreng terlebih dahulu.


Selain itu soto H. Darwasa juga tidak memakai kentang dan tomat sebagai isian ibarat pada soto betawi kebanyakan. Cita rasa kuahnya pas, tidak terlalu ringan tapi juga tidak terlalu berat. Biasanya, soto ini disajikan dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng.

Tak Lekang Oleh Waktu, Ini Kuliner Legendaris yang Bikin NostalgiaFoto: Dok. Transpark Juanda

Nasi Goreng Kebon Sirih-Kebon Sirih, Jakarta Pusat

Memiliki bumbu diam-diam turun temurun, nasi goreng kambing Kebon Sirih yang bangun pada tahun 1958 berhasil menciptakan pengecap penikmatnya tak dapat berhenti bergoyang. Kualitas cita rasanya bertahan kurang lebih selama enam dekade, sehingga rumah makannya tak pernah sepi pembeli.

Tak Lekang Oleh Waktu, Ini Kuliner Legendaris yang Bikin NostalgiaFoto: Dok. Transpark Juanda

Tercatat banyak pejabat pemerintah, artis, dan tokoh masyarakat pernah merasakan lezatnya salah satu ikon masakan Jakarta ini. Selain cita rasanya yang khas, kekhasan lainnya ialah atraksi menggoreng dalam porsi besar di dalam wajan yang super besar. Tentu saja ini menjadi hiburan menarik ketika menunggu pesanan.

Nasi Kapau Bukit Tinggi Kramat Soka-Senen, Jakarta Pusat

Hidangan masakan ini juga melegenda dan hingga kini masih dapat kita nikmati. Menunya berupa nasi putih yang dihidangkan bersama dengan sayur kapau-berisi potongan kol, kacang panjang, dan nangka muda. Pelengkap lauknya sangat variatif. Ada usus isi telur, tunjang (kikil), rendang ayam, dendeng lambok, gajebo, dan tambusu.

Tak Lekang Oleh Waktu, Ini Kuliner Legendaris yang Bikin NostalgiaFoto: Dok. Transpark Juanda

Melegenda alasannya aroma dan cita rasa yang sangat kental bumbunya, hidangan yang namanya diambil dari nama dusun di Bukittinggi, Sumatera Barat ini ketenarannya bahkan sudah mendunia.

Nasi Hitam Pak Kris-Serpong, Tangerang

Kekuatan masakan yang satu ini ialah materi utamanya, yaitu cumi dengan memakai cumi segar yang khusus dipasok dari para nelayan di Pasuruan, Jawa Timur. Warung nasi cumi hitam Pak Kris ini ialah satu-satunya warung yang menyediakan cumi yang di dalamnya berisikan telur.

Tak Lekang Oleh Waktu, Ini Kuliner Legendaris yang Bikin NostalgiaFoto: Dok. Transpark Juanda

Lauk tambahan nasi cumi hitam biasanya ialah serundeng, mi goreng, sate usus, tumis kerang, dan peyek udang. Dalam penyajiannya, semua materi tersebut diletakkan mengelilingi nasi yang berada di tengah.


Festival Kuliner Legendaris

Beberapa jenis masakan di atas hanyalah sebagian kecil saja. Nah, bagaimana bila puluhan masakan legendaris dikumpulkan di satu lokasi sehingga Anda dapat menikmatinya sambil bernostalgia?

Tak perlu tunggu usang lagi, Anda dapat eksklusif hadir di Festival Kuliner Legendaris, Jumat-Minggu, 29 November-1 Desember 2019 di Transpark Juanda, Jl. Ir. H Juanda No. 180, Margahayu, Bekasi Timur. Terjebak nostalgialah bersama keluarga atau kawan-kawan seangkatan di sana dengan merasakan 30-an jenis hidangan masakan yang melegenda semenjak tahun 50-an.

[Gambas:Youtube]


Saksikan pula penampilan pelawak Cak Lontong yang akan menghibur Anda dengan lawakannya yang khas, dan ikuti juga cooking class bersama Chef Putri Miranti yang akan mengantarkan Anda menjadi koki andal.

Simak Video "Kuliner Ekstrem Taco Kalajengking, Berani Coba?"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top